PENERAPAN PELAYANAN OTOMASI PERPUSTAKAAN DENGANSOFTWARE INTEGRETED LIBRARY INFORMATION SYSTEM(INLIS) DI PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH

SEJATI, IKA PUTRA (2015) PENERAPAN PELAYANAN OTOMASI PERPUSTAKAAN DENGANSOFTWARE INTEGRETED LIBRARY INFORMATION SYSTEM(INLIS) DI PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (514Kb) | Preview

    Abstract

    Dunia perpustakaan saat ini, teknologi informasi dijadikan salah satu bagian yang wajib untuk meningkatkan kinerja perpustakaan dalam pelayanan dan proses pertukaran informasi yang sering dinamakan dengan otomasi perpustakaan. Otomasi perpustakaan mempunyai sarana dan prasarana untuk mendukung satu sama lain agar dapat berjalan dengan baik. Di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah sarana dan prasarana otomasi antara lain: 1). hardware yang meliputi: komputer (untuk pengoperasian), kamera (untuk pemotretan kartu anggota), barcode reader (untuk membaca nomer barcode), printer (untuk mencetak kartu anggota dan perlengkapan bahan pustaka). 2). Software yang meliputi: jaringan (untuk menyambungan komputer satu dengan yang lain) dan INLIS. INLISLITE atau sering disebut juga dengan INLIS merupakan software untuk perpustakaan versi terbaru di tahun 2013 yang dikembangkan dengan pemikiran dasar bagaimana melakukan otomatisasi terhadap berbagai business process dalam suatu Perpustakaan. INLIS dirancang sedemikian rupa dengan mengadopsi standar yang biasa digunakan baik secara nasional maupun internasional guna mengoptimalisasi fungsi dari sistem tersebut. INLIS merupakan sebuah sistem yang terintegrasi untuk menyediakan informasi guna mendukung operasional, manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan dalam Perpustakaan. Dalam Tugas Akhir ini mempunyai tujuan, yaitu: untuk mengetahui bagaimana cara penerapan layanan otomasi perpustakaan dengan menggunakan software INLIS tersebut, serta mengetahui apasaja kendala-kendala dan solusi untuk menyelesaikan masalah yang di hadapi dalam penerapan layanan otomasi perpustakaan dengan software INLIS. Metode pengumpulan data tersebut dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari tugas akhir ini meliputi tahapan pemasangan sarana dan prasarana otomasi perpustakaan dan langkah-langkah melakukan penerapan layanan otomasi dengan software INLIS yang mencakup pada pengolahan bahan pustaka, sirkulasi (peminjaman dan pengembalian), keanggotaan, OPAC, daftar pengunjung, dan laporan di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 09 Sep 2015 07:06
    Last Modified: 09 Sep 2015 07:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18357

    Actions (login required)

    View Item