PENERAPAN MODEL INQUIRY TRAINING MELALUI TEKNIK PETA KONSEP DAN TEKNIK PUZZLE DITINJAU DARI TINGKAT KEBERAGAMAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMORI

Indahwati, ToenasSetyoJoeli and Sunarno, Widha and SAJIDAN, (2012) PENERAPAN MODEL INQUIRY TRAINING MELALUI TEKNIK PETA KONSEP DAN TEKNIK PUZZLE DITINJAU DARI TINGKAT KEBERAGAMAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMORI. JURNAL INKUIRI . ISSN ISSN: 2252-7893, Vol 1, No 3, 2012 (hal 258-265)

[img] PDF - Published Version
Download (1071Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model inquiry training melalui teknik peta konsep dan puzzle, aktivitas belajar, kemampuan memori, serta interaksinya terhadap prestasi belajar siswa. Populasi terdiri dari semua kelas VIII SMP Negeri 1 Bojonegoro tahun pelajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling terdiri dari 4 kelas, dua kelas belajar dengan teknik peta konsep dan dua kelas belajar dengan teknik puzzle. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengukur hasil belajar aspek kognitif dan kemampuan memori. Teknik non tes menggunakan angket untuk mengukur aktivitas belajar, lembar observasi untuk mengukur aspek afektif dan psikomotor. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dengan desain faktorial 2x2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) tidak ada pengaruh model inquiry training melalui peta konsep dan puzzle terhadap prestasi belajar; 2) ada pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar; 3) tidak ada pengaruh kemampuan memori terhadap prestasi belajar kognitif; 4) tidak ada interaksi antara model inquiry training (melalui peta konsep dan puzzle) dengan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar; 5) tidak ada interaksi antara model pembelajaran inquiry training (melalui peta konsep dan puzzle) dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar; 6) tidak ada interaksi antara aktivitas belajar dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar; 7) ada interaksi antara model inquiry training (melalui peta konsep dan puzzle) dengan aktivitas belajar dan kemampuan memori terhadap prestasi belajar.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 848 not found.
    Date Deposited: 10 Jul 2013 18:19
    Last Modified: 10 Jul 2013 18:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1835

    Actions (login required)

    View Item