IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN TOLERANSI BERAGAMA DAN PRESTASI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 SIDOHARJO

Hatmono, Prihadi D (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN TOLERANSI BERAGAMA DAN PRESTASI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 SIDOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (784Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah perencanaan pembelajaran cooperatif learning tipe jigsaw dengan media tiga dimensi dapat meningkatkan toleransi beragama dan prestasi belajar, Bagaimanakah penerapan pembelajaran cooperatif learning tipe jigsaw dengan media tiga dimensi dapat meningkatkan toleransi beragama, Apakah penerapan pembelajaran cooperatif learning tipe jigsaw dengan media tiga dimensi dapat meningkatkan prestasi belajar. Bertolak dari tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini digunakan prosedur penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan tiga siklus, tiapa siklus dalam penelitian ini menggunakan empat tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengambilan data observasi atau pengamatan terhadap proses pembelajarn tipe jigsaw dengan media tiga dimensi, angket sikap untuk mengetahui toleransi beragama serta tes kognitif untuk mengetahui prestasi belajar sejarah siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa melalui metode atau model media yang inovatif dalam pembelajaran dapat mempengaruhi prestasi belajar. Pembelajaran yang terencana dengan matang dan menarik akan memotivasi belajar sehingga memudahkan pemahaman materi dan berpengaruh terhadap toleransi beragama dan prestasi belajar pada setiap siklus. Prestasi belajar yang di capai pada siklus I 59,09% dengan rata-rata kelas 7,2, ketuntasan prestasi belajar siklus II 90,90% dengan rata-rata 8,0, dan ketuntasan prestasi belajar sejarah siklus III 100% dengan rata-rata 8,6. Untuk angket toleransi beragama diperoleh hasil siklus I rata-rata 74,82, siklus II 79,36, siklus III 81,81. Hasil toleransi beragama dan prestasi belajar sejarah mengarah pada peningkatan dari siklus I, siklus II dan siklus III. Penerapan model Jigsaw dan media 3 Dimensi pada pembelajaran sejarah secara tepat lebih efektif dapat meningkatkan toleransi beragama dan prestasi belajar siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri I Sidoharjo Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Media tiga Dimensi, Toleransi Beragama, Prestasi Belajar Sejarah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 08 Sep 2015 22:24
    Last Modified: 08 Sep 2015 22:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18342

    Actions (login required)

    View Item