PENGARUH LINGKUNGAN DINAMIS TERHADAP PARTISIPASI ANGGARAN DENGAN PROSES INFORMASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI EMPIRIS PADA PERSEPSI MANAJER DAN STAF BADAN USAHA MILIK NEGARA GO PUBLIC DI INDONESIA)

PURNAMASARI, DIAN INDRI (2015) PENGARUH LINGKUNGAN DINAMIS TERHADAP PARTISIPASI ANGGARAN DENGAN PROSES INFORMASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI EMPIRIS PADA PERSEPSI MANAJER DAN STAF BADAN USAHA MILIK NEGARA GO PUBLIC DI INDONESIA). PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (471Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan menemukan bukti empiris dan mengkaji faktor yang mempengaruhi partisipasi anggaran, yaitu pengaruh: (i) lingkungan dinamis terhadap partisipasi anggaran, (ii) lingkungan dinamis terhadap proses informasi (task exceptions, analisis tugas, teknologi informasi, dan sistem informasi), (iii) proses informasi terhadap partisipasi anggaran, dan (iv) proses informasi yang memediasi pengaruh lingkungan dinamis terhadap partisipasi anggaran. Penelitian ini juga bertujuan mengkaji aspek perbedaan dalam partisipasi anggaran, yaitu perbedaan berdasarkan: (i) skor penilaian kualitas penerapan Corporate Governance (CG) Badan Usaha Milik Negara (BUMN), (ii) pembagian sektor industri BUMN, dan (iii) pengalaman kerja manajer BUMN. Penelitian ini menggunakan data primer melalui mail survey terhadap persepsi manajer dan staf Divisi Perencanaan dan Anggaran di 19 BUMN Terbuka di Indonesia. Penelitian ini juga menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan untuk mengukur penilaian kualitas penerapan CG berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Keuangan Nomor: SK- 16/S.MBU/2012. Penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk mengkaji beberapa faktor yang mempengaruhi partisipasi anggaran dan menggunakan ANOVA untuk mengkaji aspek perbedaan dalam partisipasi anggaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) lingkungan dinamis berpengaruh positif terhadap partisipasi anggaran, (ii) lingkungan dinamis berpengaruh positif terhadap proses informasi (task exceptions, analisis tugas, teknologi informasi, dan sistem informasi), (iii) proses informasi berpengaruh positif terhadap partisipasi anggaran, (iv) proses informasi memediasi pengaruh lingkungan dinamis terhadap partisipasi anggaran, dan (v) terdapat perbedaan partisipasi anggaran pada pengalaman kerja manajer BUMN, namun tidak terdapat perbedaan partisipasi anggaran berdasarkan skor penilaian kualitas penerapan CG, dan pembagian sektor industri BUMN. Kata Kunci: Lingkungan Dinamis, Proses Informasi, Partisipasi Anggaran, Analisis Tugas, Teknologi.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Doktor
    Pasca Sarjana > Doktor > Ilmu Ekonomi - S3
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 08 Sep 2015 22:06
    Last Modified: 08 Sep 2015 22:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18339

    Actions (login required)

    View Item