IMPLEMENTASI PERALIHAN STATUS PEGAWAI TETAP MENJADI APARATUR SIPIL NEGARA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 2014 DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN YOGYAKARTA

Palupy, Dina Retno (2015) IMPLEMENTASI PERALIHAN STATUS PEGAWAI TETAP MENJADI APARATUR SIPIL NEGARA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 2014 DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (646Kb) | Preview

    Abstract

    Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui proses peralihan status kepegawaian khususnya pegawai tetap menjadi aparatur sipil negara ketika terjadi peralihan status Perguruan Tinggi dari Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Untuk tercapainya penulisan hukum ini, metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian hukum empiris. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer, data sekunder, dan data tertier. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan studi dokumen atau bahan pustaka.Teknik analisadata yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan kesimpulan bahwa peralihan status Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta menjadi Perguruan Tinggi Negeri mengakibatkan status pegawai di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta juga harus mengalami peralihan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, hanya ada dua kemungkinan status pegawai yang akan dialihkan yaitu menjadi Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Untuk beralih menjadi Aparatur Sipil Negara, pegawai tetap harus mengikuti prosedur dan memenuhi persyaratan yang ditentukan, namun dalam pelaksanaan proses peralihan status kepegawaian tersebut tidak serta merta dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan karena adanya faktor-faktor yang menghambat proses peralihan status kepegawaian tersebut. Kata kunci: Peralihan Perguruan Tinggi, Status Pegawai, UU Aparatur Sipil Negara.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 08 Sep 2015 22:06
    Last Modified: 08 Sep 2015 22:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18338

    Actions (login required)

    View Item