PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA KARTU DAN ULAR TANGGA DITINJAU DARI KEMAMPUAN ANALISIS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK REAKSI REDOKS KELAS X SEMESTER 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PURNAMAWATI, HENING (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA KARTU DAN ULAR TANGGA DITINJAU DARI KEMAMPUAN ANALISIS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK REAKSI REDOKS KELAS X SEMESTER 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (386Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kartu dan ular tangga, dan kemampuan analisis terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Reaksi Redoks serta interaksinya. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian desain faktorial 2×2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X semester 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014 dan sampel yang digunakan adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen I dan X2 sebagai kelas eksperimen II. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode tes untuk prestasi belajar kognitif dan kemampuan analisis dan metode angket untuk prestasi belajar afektif. Uji hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kartu dan ular tangga terhadap prestasi belajar aspek kognitif maupun aspek afektif siswa pada materi pokok Reaksi Redoks, 2) ada pengaruh kemampuan analisis siswa terhadap prestasi belajar aspek kognitif maupun aspek afektif siswa pada materi pokok Reaksi Redoks, 3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kartu dan ular tangga serta kemampuan analisis siswa terhadap prestasi belajar aspek kognitif dan aspek afektif siswa pada materi pokok Reaksi Redoks.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 09 Sep 2015 05:58
    Last Modified: 09 Sep 2015 05:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18333

    Actions (login required)

    View Item