EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN LEARNING CYCLE 5E (LC5E) PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA/MA NEGERI DI KABUPATEN KARANGANYAR

Nurcahyo, Andriawan (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN LEARNING CYCLE 5E (LC5E) PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA/MA NEGERI DI KABUPATEN KARANGANYAR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1210Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Di antara model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Learning Cycle 5E (LC5E) dan model pembelajaran langsung, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik. (2) Manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang atau rendah. (3) Pada masing-masing kategori aktivitas belajar siswa, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang dikenai model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC5E), atau model pembelajaran langsung. (4) Pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang atau rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA/MA di Kabupaten Karanganyar. Pengambilan sampel dilakukan dengan Stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 340 (113 siswa untuk kelas TSTS, 113 siswa untuk kelas LC5E dan 114 siswa untuk kelas langsung). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika materi trigonometri dan angket aktivitas belajar siswa. Uji coba instrumen angket meliputi validitas isi, konsistensi internal dan reliabilitas . Uji coba instrumen tes meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Uji keseimbangan menggunakan analisis variansi satu jalan sel tak sama, diperoleh kesimpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki kemampuan awal yang seimbang. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dengan uji Chi Kuadrat. Dengan diperoleh kesimpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki variansi yang sama. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama yang kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Model pembelajaran kooperatif TSTS, LC5E dan Langsung menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama pada materi trigonometri. (2) Siswa dengan aktivitas belajar siswa tinggi memiliki prestasi belajar matematika yang sama dengan siswa dengan aktivitas belajar sedang, siswa dengan aktivitas belajar siswa tinggi memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar rendah dan siswa dengan aktivitas belajar siswa sedang memiliki prestasi belajar matematika yang sama dengan siswa dengan aktivitas belajar rendah pada materi trigonometri. (3) Pada kategori aktivitas belajar tinggi, sedang dan rendah, model pembelajaran TSTS, LC5E dan Langsung memberikan prestasi belajar yang sama pada materi trigonometri. (4) Pada model pembelajaran TSTS dan LC5E, siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang dan rendah memiliki prestasi belajar matematika yang sama pada materi trigonometri. Untuk model pembelajaran langsung siswa dengan aktivitas belajar tinggi menghasilkan prestasi yang sama dengan siswa dengan aktivitas belajar sedang, siswa dengan aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dari siswa dengan aktivitas belajar rendah, dan siswa dengan aktivitas belajar sedang mempunyai presatasi belajar yang sama dengan siswa dengan aktivitas belajar rendah. Kata Kunci : Model Pembelajaran TSTS, LC5E, Aktivitas Belajar Siswa, Prestasi Belajar Matematika.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 08 Sep 2015 20:38
    Last Modified: 08 Sep 2015 20:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18327

    Actions (login required)

    View Item