PENYUSUNAN INSTRUMEN TES PILIHAN GANDA IPA TERPADU UNTUK SISWA SMP KELAS VII SEMESTER II

Setyawan, Andri (2015) PENYUSUNAN INSTRUMEN TES PILIHAN GANDA IPA TERPADU UNTUK SISWA SMP KELAS VII SEMESTER II. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (118Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun instrumen tes IPA terpadu untuk SMP kelas VII sesuai dengan kisi-kisi kompetensi dasar yang terpadu dan mengetahui validitas, reliabilitas serta menganalisis kualitas tiap butir soal pada intrumen tes IPA terpadu sehingga menghasilkan produk instrumen tes IPA terpadu yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Pengambilan data dilakukan melalui teknik tes serta telaah kualitatif oleh ahli evaluasi. Data kuantitatif diperoleh dari jawaban siswa pada tes sedangkan data kualitatif diperoleh dari telaah kualitatif. Analisis data secara kuantitatif menggunakan program Anates versi 3.00 yang meliputi reliabilitas, taraf kesukaran, daya beda serta efektifitas distraktor. Penyusunan instrumen tes dalam penelitian ini melalui beberapa tahap, yaitu penyusunan spesifikasi tes, penulisan soal tes, penelaahan item tes, revisi I, uji coba I, analisis item tes, revisi II, uji coba II, analisis item tes. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes yang telah disusun yaitu antara lain: Bentuk tes berupa tes objektif pilihan ganda model empat pilihan berjumlah 40 butir soal dengan waktu pelaksanaan tes 60 menit. Dari hasil analisis tahap I didapatkan hasil 21 butir soal diterima, 19 soal harus direvisi. Setelah direvisi dan diujicobakan pada tahap II diperoleh 75% butir soal mempunyai daya beda baik, 62,5% butir soal mempunyai tingkat kesukaran sedang. Setelah dilakukan pemilihan soal, diperoleh 22 butir soal dengan kategori baik. Kata Kunci: penyusunan tes, Instrumen tes pilhan ganda, IPA Terpadu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 08 Sep 2015 20:29
    Last Modified: 08 Sep 2015 20:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18325

    Actions (login required)

    View Item