PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN LABORATORIUM RIIL DAN VIRTUIL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI DAN GAYA BELAJAR SISWA

Nugroho, Sugeng and Suparmi, and Surwanto, (2013) PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN LABORATORIUM RIIL DAN VIRTUIL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI DAN GAYA BELAJAR SISWA. JURNAL INKUIRI . ISSN ISSN: 2252-7893, Vol 1, No 3, 2012 (hal 235-244)

[img] PDF - Published Version
Download (1299Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran inkuiri menggunakan laboratorium riil dan virtuil, kemampuan memori, gaya belajar, dan interaksinya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasinya adalah semua siswa kelas VIII terdiri dari 9 kelas, dengan faktorial 2x2x2. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, terdiri 2 kelas. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif dan kemampuan memori menggunakan metode tes, sedangkan gaya belajar, penilaian prestasi belajar afektif menggunakan tes angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi tiga jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil pengolahan data, disimpulkan: 1) pembelajaran inkuiri terbimbing melalui labolatorium virtuil dan labolatorium riil berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar kognitif, tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar afektif. Siswa yang belajar kognitif laboratorium virtuil lebih baik daripada laboratorium riil; 2) kemampuan memori siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dalam ranah kognitif akan tetapi tidak prestasi belajar dalam ranah afektif; 3) gaya belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi kognitif tetapi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi afektif belajar siswa; 4) tidak ada interaksi yang signifikan antara laboratorium riil dan virtuil dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa; 5) ada interaksi yang signifikan antara laboratorium riil dan virtuil dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif tetapi tidak ada interaksi yang signifikan terhadap afektif siswa; 6) tidak ada interaksi yang signifikan antara kemampuan memori dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa; 7) tidak ada interaksi yang signifikan antara laboratorium riil dan virtuil, kemampuan memori, dan gaya belajar terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 848 not found.
    Date Deposited: 10 Jul 2013 18:07
    Last Modified: 17 Mar 2017 14:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1832

    Actions (login required)

    View Item