Using Situational Pictures to Enhance Speed Reading for Reading Comprehension (A Classroom Action Research to the Students of ELTI Gramedia Surakarta)

MAHARANI, ANDRANIA YUSTI (2015) Using Situational Pictures to Enhance Speed Reading for Reading Comprehension (A Classroom Action Research to the Students of ELTI Gramedia Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (430Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah gambar situasional mampu meningkatkan kemampuan membaca dengan cepat dengan tujuan akhir untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca dan apa kegunaannya lebih lanjut. Penelitian ini juga bertujuan untuk menggambarkan situasi kelas saat gambar situasional diterapkan dalam kelas membaca. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diselenggarakan dalam dua tahap terhadap siswa ELTI Gramedia Surakarta level Kids 2 kelompok 3 waktu ajaran 12.08 pada bulan Agustus hingga September 2012. Data dikumpulkan lewat observasi, catatan di lapangan, wawancara, dokumen terkait dan tes membaca cepat dan pemahaman bacaan (pre-test dan post-test). Data kualitatif dianalisis lewat reduksi data, penampilan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kuantitatif data dianalisis melalui deskripsi statistik, menentukan nilai rata-rata tes. Riset ini menunjukkan bahwa: (1) kecepatan membaca dan pemahaman bacaan siswa mengalami peningkatan. Kecepatan membaca meningkat dari 58 menjadi 168 kata per menit, dan peningkatan pemahaman bacaan meliputi kemampuan dalam menentukan: a. tujuan komunikatif suatu teks; b. ide pokok; c. informasi tersirat dan d. informasi tersurat. Selain itu, nilai rata-rata tes pemahaman bacaan siswa meningkat, dari 36.92 (pre-test) menjadi 86.15 (posttest). Hasil akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa lebih tinggi dari standar nilai minimum, yaitu enam puluh. (2) Terdapat peningkatan situasi kelas, yang meliputi: a. waktu yang dibutuhkan untuk membaca teks; b. motivasi dan c. kemauan. Penelitian ini membuktikan bahwa gambar situasional mampu meningkatkan kecepatan membaca siswa yang turut meningkatkan pemahaman bacaan dan situasi kelas saat pelajaran membaca berlangsung. Kata kunci: gambar situasional, membaca cepat, pemahaman bacaan, penelitian tindakan kelas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PE English
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 08 Sep 2015 20:11
    Last Modified: 08 Sep 2015 20:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18319

    Actions (login required)

    View Item