PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KONTEKSTUAL YANG TERINTEGRASI DENGAN WEBSITE PADA SISWA KELAS XI IA SMA NEGERI 5 MADIUN TAHUN AJARAN 2012/2013

Yusro, Andista Candra (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KONTEKSTUAL YANG TERINTEGRASI DENGAN WEBSITE PADA SISWA KELAS XI IA SMA NEGERI 5 MADIUN TAHUN AJARAN 2012/2013. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (534Kb) | Preview

    Abstract

    Pembelajaran fisika di sekolah khususnya pada materi termodinamika disekolah belum dioptimalkan dengan mengaitkan teori yang mereka pelajari dengan kehidupan sehari-hari dan perkembangan teknologi. Pemanfaatan sarana internet disekolah belum dioptimalkan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bentuk pengembangan modul pembelajaran berbasis kontekstual yang terintegrasi dengan website dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Sampel pengembangan meliputi sampel validasi produk sejumlah 3 validator, sampel ujicoba terbatas sejumlah 10 orang siswa, dan sampel ujicoba pemakaian sejumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data dimulai dengan tahap studi pendahuluan, desain produk, validasi desain, ujicoba terbatas, dan ujicoba pemakaian. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi silabus, RPP, kisi-kisi soal pretest-posttest, penilaian hasil belajar (soal pretest-posttest). Hasil analisis data menunjukkan bahwa jumlah skor rata-rata untuk pengembangan seluruh produk berada dalam kategori sangat baik. Produk yang dihasilkan bersifat valid dan praktis untuk digunakan siswa dalam proses belajar. Penggunaan modul pembelajaran fisika hasil pengembangan memberi peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan yaitu terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Kata kunci: modul pembelajaran, kontekstual, terintegrasi website, termodinamika, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 08 Sep 2015 19:49
    Last Modified: 08 Sep 2015 19:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18317

    Actions (login required)

    View Item