EMBELAJARAN FISIKA DENGAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONTRASI DISKUSI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIK DAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA

Maliyah, Ninik and Sunarno, Widha and Suparmi, (2013) EMBELAJARAN FISIKA DENGAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONTRASI DISKUSI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIK DAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA. JURNAL INKUIRI. ISSN ISSN: 2252-7893, Vol 1, No 3, 2012 (hal 227-234)

[img] PDF - Published Version
Download (1013Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi diskusi, kemampuan matematik, dan kemampuan verbal serta interaksinya terhadap prestasi belajar peserta didik. Populasinya terdiri dari siswa kelas X SMAN 5 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling terdiri 2 kelas yaitu kelas X-3 dan X-4. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes untuk prestasi kognitif, kemampuan matematik, dan kemampuan verbal serta dengan pengamatan langsung untuk psikomotorik dan afektif. Data dianalisis menggunakan variansi tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: 1) ada pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi diskusi terhadap prestasi kognitif, psikomotorik, dan afektif; 2) ada pengaruh kemampuan matematik tinggi dan rendah terhadap prestasi kognitif, psikomotorik, dan afektif. 3) ada pengaruh kemampuan verbal tinggi dan rendah terhadap prestasi kognitif, psikomotorik, dan afektif 4) tidak ada interaksi pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi diskusi dengan kemampuan matematik terhadap prestasi kognitif, psikomotorik, dan afektif; 5) tidak ada interaksi pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi diskusi dengan kemampuan verbal terhadap prestasi kognitif, psikomotorik, dan afektif; 6) tidak ada interaksi kemampuan matematik dengan kemampuan verbal terhadap prestasi kognitif, psikomotorik, dan afektif; 7) tidak ada interaksi pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi diskusi, kemampuan matematik, kemampuan verbal terhadap prestasi kognitif, psikomotorik, dan afektif.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 848 not found.
    Date Deposited: 10 Jul 2013 18:01
    Last Modified: 17 Mar 2017 12:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1831

    Actions (login required)

    View Item