STUDI NORMATIF PENGAJUAN KASASI OLEH PENUNTUT UMUM ATAS PIDANA YANG RINGAN DALAM PERKARA PELANGGARAN UNDANG UNDANG MINYAK DAN GAS BUMI (STUDI KASUS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR : 1727 K/PID.SUS/2011)

PUTRA, LUTFIE YUNANDA (2015) STUDI NORMATIF PENGAJUAN KASASI OLEH PENUNTUT UMUM ATAS PIDANA YANG RINGAN DALAM PERKARA PELANGGARAN UNDANG UNDANG MINYAK DAN GAS BUMI (STUDI KASUS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR : 1727 K/PID.SUS/2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (65Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian hukum ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengajuan kasasi oleh penuntut Umum atas dasar pidana terlalu ringan dalam perkara UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan gas Bumi bertentangan dengan ketentuan Pasal 253 KUHAP; 2) Untuk mengetahui pertimbangan hakim Mahkamah Agung dalam memeriksa dan memutus permohonan kasasi Penuntut Umum dengan dasar pidana terlalu ringan pada Putusan Mahkamah Agung Nomor : 1727 K/PID.SUS/2011 sudah sesuai dengan ketentuan Pasal 253 KUHAP. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dengan pendekatan kasus. Teknik pengumpulan bahan hukum yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research), Penulis menggunakan metode logika deduktif dalam penelitian ini dengan teknik analisis bahan hukum secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan bahwa alasan-alasan kasasi yang diajukan oleh penuntut umum dalam perkara yang telah diputus oleh Mahkamah Agung dengan putusan nomor: 1727 K/Pid.Sus/2011 terdapat kesesuaian antara alasan pengajuan kasasi oleh penuntut umum atas dasar pidana terlalu ringan dalam perkara pelanggaran undang-undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi dengan ketentuan Pasal 253 KUHAP, kemudian pertimbangan Mahkamah Agung yang mengabulkan permohonan kasasi yang diajukan oleh penuntut umum, telah sesuai dengan alasan kasasi yang dibenarkan oleh peraturan perundang-undangan yang dimuat dalam Pasal 253 KUHAP. Kata Kunci: Kasasi, Pidana, Undang-Undang Minyak dan Gas Bumi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    K Law > KZ Law of Nations
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 08 Sep 2015 13:28
    Last Modified: 08 Sep 2015 13:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18298

    Actions (login required)

    View Item