STUDI NORMATIF PERTIMBANGAN HUKUM HAKIM PENGADILAN NEGERI BLITAR YANG MEMUTUS TUNTUTAN PENUNTUT UMUM TIDAK DAPAT DITERIMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STATUS PERKARATERDAKWA DALAM PERKARA PERUSAKAN BARANG (Studi Kasus dalam Putusan Nomor : 161/Pid.B/2010/PN.Blt)

Dwiyanto, Lutfi Arslan (2015) STUDI NORMATIF PERTIMBANGAN HUKUM HAKIM PENGADILAN NEGERI BLITAR YANG MEMUTUS TUNTUTAN PENUNTUT UMUM TIDAK DAPAT DITERIMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STATUS PERKARATERDAKWA DALAM PERKARA PERUSAKAN BARANG (Studi Kasus dalam Putusan Nomor : 161/Pid.B/2010/PN.Blt). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (104Kb) | Preview

    Abstract

    LUTFI ARSLAN DWIYANTO, E0009197, STUDI NORMATIF PERTIMBANGAN HUKUM HAKIM PENGADILAN NEGERI BLITAR YANG MEMUTUS TUNTUTAN PENUNTUT UMUM TIDAK DAPAT DITERIMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STATUS PERKARA TERDAKWA DALAM PERKARA PERUSAKAN BARANG (Studi Kasus dalam Putusan Nomor : 161/Pid.B/2010/PN.Blt). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas pertimbangan hukum hakim pengadilan negeri blitar yang memutus tuntutan penuntut umum tidak dapat diterima dalam perkara perusakan barang dan untuk mengetahui secara jelas implikasi putusan yang menyatakan tuntutan penuntut umum tidak dapat diterima terhadap status perkara dan terdakwa dalam perkara perusakan barang. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif, dengan menggunakan pendekatan kasus. Jenis bahan hukum yang digunakan adalah sumber bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Teknik analisis yang Penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deduksi (deduktif) yaitu menarik kesimpulan dari hal yang bersifat umum terhadap permasalahan konkret yang dihadapi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan, dapat disimpulkan bahwa, Pertama, ketidakmampuan penuntut umum dalam menghadirkan terdakwa yang pernah hadir di persidangan, dapat menjadikan pertimbangan bagi Hakim untuk memutuskan putusan yang menyatakan penuntutan terhadap terdakwa SENO MARDI WALUYO Bin SUMARDI tidak dapat diterima. Kedua, implikasi putusan yang menyatakan tuntutan penuntut umum tidak dapat diterima terhadap status perkara terdakwa dalam perkara perusakan barang, maka Hakim mengembalikan berkas perkara tersebut kepada Kejaksaan Negeri Blitar. Kata Kunci : penuntutan tidak diterima, pertimbangan hakim, implikasi putusan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    K Law > KZ Law of Nations
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 08 Sep 2015 13:14
    Last Modified: 08 Sep 2015 13:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18296

    Actions (login required)

    View Item