PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PEER TEACHING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 2 SMAN 1 BOYOLALI (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

NUGROHO, HENDRI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PEER TEACHING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 2 SMAN 1 BOYOLALI (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (347Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkanprestasi belajar akuntansi peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri1 Boyolali melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe peer teaching dan numbered heads together (NHT). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Boyolali yang berjumlah 34 peserta didik yang terdiri dari 24 perempuan dan 10 laki-laki. Data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah data kuantitatif dan kualitatif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data atau sumber. Validitas tes menggunakan validitas isi.Analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis kritis, sedangkan untuk data kuantitatif dianalisis secara deskriptif komparatif.Prosedur penelitian meliputi tahap: (1)tahap pengenalan masalah, (2) tahap persiapan tindakan, (3) tahap penyusunanrencana tindakan, (4) tahap implementasi tindakan, (5) observasi dan interprestasi, (6) refleksi, (7) penyusunan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe peer teaching dan numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hal tersebut dapat terefleksi dari beberapa indikator berikut: (1) Ketuntasan hasil evaluasi belajar siswa dari 22 siswa (64,7%) menjadi 28 siswa (82,35%) pada siklus II. (2) Keaktifan siswa dalam kelompok saat diskusi dari 29 siswa (85,29%) pada siklus I menjadi 32 siswa (94,12%) pada siklus II. (3)Keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari 27 siswa (79,41%) pada siklus I menjadi 32 siswa (94,12%) pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe peer teaching dan numbered heads together (NHT)dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Boyolali.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 08 Sep 2015 09:43
    Last Modified: 08 Sep 2015 09:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18281

    Actions (login required)

    View Item