ANALISIS MANAJEMEN KERJASAMA ANTARA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DENGANDUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 SURAKARTA PROGRAM KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN)

RAHMATIKA, HARISMA FEBRI (2015) ANALISIS MANAJEMEN KERJASAMA ANTARA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DENGANDUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 SURAKARTA PROGRAM KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (609Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk (1)mengidentifikasi manajemen kerjasama antara SMK Negeri 1 Surakarta dengan dunia usaha industri; (2) mengetahui kesesuaian antara kegiatan kerjasama dengan prosedur pelaksanaan; (3) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi sekolah dalam penempatan magang yang dilaksanakan dalam bentuk Prakerin di dunia usaha/dunia industri; (4) mengetahui usaha-usaha yang dilakukan pihak sekolah untuk menanggulangi hambatan-hambatan yang terjadi pada saat Prakerin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari narasumberdan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode dengan analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Prosedur penelitian dimulai dari tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisis data dan tahap penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan manajemen kerjasama antara sekolah dengan dunia usaha/dunia industri berjalan kurang baik; (2) SMK Negeri 1 Surakarta tidak memiliki prosedur pelaksanaan kerjasama secara tertulis sehingga dalam pelaksanaannya sekolah tidak memiliki acuan yang digunakan sebagai suatu pedoman; (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan prakerin berasal dari peserta didik, sekolah dan Du/Di; (4) usaha-usaha yang dilakukan sekolah dalam mengatasi masalah adalah (a) sekolah menyisipkan motivasi pada saat kegiatan belajar di sekolah (b) peserta didik diberi bimbingan intensif; (c) adanya pendataan ulang mengenai tempat tinggal peserta didik dengan tempat prakerin; (4) mengelola dana secara efisien untuk seluruh program yang ada di sekolah; (5) tidak menggunakan institusi itu pada tahun mendatang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa secara umum manajemen kerjasama antara sekolah dengan Du/Di berjalan kurang baik karena adanya beberapa kendala yang akan terus diatasi agar tercipta kerjasama yang bersinergi dengan baik antara SMK dengan Du/Di.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 08 Sep 2015 09:10
    Last Modified: 08 Sep 2015 09:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18274

    Actions (login required)

    View Item