PENERAPAN MODEL ARIAS SETTING KOOPERATIF JIGSAW DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2014/ 2015

Rizki, Sofiyan (2015) PENERAPAN MODEL ARIAS SETTING KOOPERATIF JIGSAW DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1104Kb) | Preview

    Abstract

    Sofiyana Rizki: PENERAPAN MODEL ARIAS SETTING KOOPERATIF JIGSAW DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2014/ 2015, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2015. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan model ARIAS setting kooperatif jigsaw dengan media audio visual dalam peningkatan pembelajaran IPS (2) mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 2 Tamanwinangun tahun ajaran 2014/ 2015 dalam menerapkan model ARIAS setting kooperatif jigsaw dengan media audio visual (3) mengidentifikasi kendala dan solusi penerapan model ARIAS setting kooperatif jigsaw dengan media audio visual dalam peningkatan pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 2 Tamanwinangun tahun ajaran 2014/ 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dan dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Tamanwinangun tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Analisis data dilakukan melalui analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif meliputi tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur Penelitian ini menggunakan model spiral yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model model ARIAS setting kooperatif jigsaw dengan media audio visual dilaksanakan melalui lima tahap (a) tahap assurance, (b) tahap relevance, (c) tahap interest; langkah kooperatif jigsaw dan penggunaan media audio visual, (d) tahap assessment, dan (e) tahap satisfaction, (2) presentase ketuntasan pembelajaran IPS pada siklus I adalah 79,72%, siklus II adalah 93,24%, siklus III adalah 98,65%. (3) kendala yang muncul dalam penerapan model ini antara lain: guru kelas sebagai pelaksana tindakan kurang memahami langkah-langkah penerapan model tersebut. Adapun solusinya yaitu peneliti melaksanakan simulasi penerapan model dan refleksi terhadap pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model ARIAS setting kooperatif jigsaw dengan media audio visual dilaksankan melalui lima tahap. Apabila kelima tahapan dilaksanakan dengan tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 2 Tamanwinangun tahun ajaran 2014/2015. Adapun kendala dalam menerapkan model ARIAS setting kooperatif jigsaw dengan media audio visual adalah guru kurang memahami langkah penerapan model tersebut, solusinya yaitu melaksanakan simulasi penerapan model dan refleksi terhadap pembelajaran. Kata kunci: Model ARIAS , jigsaw, audio visual, pembelajaran, IPS.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 08 Sep 2015 05:21
    Last Modified: 08 Sep 2015 05:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18259

    Actions (login required)

    View Item