PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X TB-A SMK NEGERI 2 SURAKARTA

Mumtahanah, Nurul F.A. (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X TB-A SMK NEGERI 2 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (993Kb) | Preview

    Abstract

    Nurul Fathatun Al Mumtahanah. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X TB-A SMK NEGERI 2 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2015. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk merencanakan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe AIR sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TB-A SMK Negeri 2 Surakarta pada mata pelajaran Mekanika Teknik, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik dengan menerapkan model pembelajaran AIR, (3) Untuk mengetahui efektivitas siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe AIR siswa kelas X TB-A SMK Negeri 2 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan kajian dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi data dan analisa data menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Didapat perencanaan metode pembelajaran kooperatif tipe AIR, (2) Persentase kelulusan kelas: Ranah kognitif pada pra siklus 22%, siklus I 44% dan siklus II post test 91%; Ranah afektif pada tahap pra siklus 25%, siklus I 28% dan siklus II 91%; Ranah psikomotorik pada tahap pra siklus 28%, siklus I 75% dan siklus II 94%; Hasil belajar siswa tahap pra siklus 16%, siklus I 47% dan siklus II 91%, (3) Metode AIR dapat dikatakan efektif. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe AIR mampu meningkatkan penilaian ranah afektif, kognitif dan psikomotor dan dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TB-A SMK Negeri 2 Surakarta pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Kata Kunci: AIR (Auditory, Intellectually, Repetition), Hasil Belajar, Efektivitas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 08 Sep 2015 04:30
    Last Modified: 08 Sep 2015 04:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18252

    Actions (login required)

    View Item