Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Cara Memandikan Bayi Dan Praktek Memandikan Bayi Ibu Post Partum Primipara. Di Rumah Sakit Trisna Medika Tulungagung

Nurhidayah, (2015) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Cara Memandikan Bayi Dan Praktek Memandikan Bayi Ibu Post Partum Primipara. Di Rumah Sakit Trisna Medika Tulungagung. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (2366Kb) | Preview

    Abstract

    Nurhidayah. S541202104. Prof. Syamsi, H, M.Pd. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Cara Memandikan Bayi Dan Praktek Memandikan Bayi Ibu Post Partum Primipara. Di Rumah Sakit Trisna Medika Tulungagung. Tesis Program Studi Magister Kedokteran Keluarga. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Surakarta 2014. Latar belakang: Pelaksanaan pendidikan kesehatan terhadap perawatan bayi khususnya memandikan bayi dan cara mempraktekkan pada ibu post partum primipara belum optimal. Oleh karena itu diperlukan suatu pendidikan kesehatan kepada ibu post partum primipara. Dengan pendidikan kesehatan tersebut diharapkan ibu mempunyai pengetahuan dan ketrampilan tentang cara perawatan yang cukup untuk memandikan bayi secara mandiri sehingga kebutuhan bayi terpenuhi dan bayi dapat berkembang secara optimal. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang cara memandikan bayi dengan praktek memandikan bayi ibu post partum primipara di Rumah Sakit Trisna Medika Tulungagung. Metode: Desain penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian Kuasi eksperimen dalam dua kelompok (Pra-test Post-test Design).Sampel dalam penelitian ini adalah ibu post partum primipara di Rumah Sakit Trisna Medika Tulungagung sejumlah 34 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Variabel dependen yang diteliti pendidikan kesehatan mengenai cara memandikan bayi pada post partum primipara dan variabel independen yang diteliti adalah pengetahuan dan praktek memandikan bayi pada ibu post partum. Data dianalisis dengan uji perbedaan rerata dengan menggunakan uji t. Hasil: Dari hasil uji statistik didapatkan nilai pengaruh antara kelompok yang mendapat pendidikan kesehatan dengan yang tidak mendapat pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang cara memandikan bayi dengan p = 0,001 dan mean difference sebesar -1,647, Sedang pada praktek memandikan bayi dengan p = 0,000 dan mean difference sebesar -13,059 pada ibu post partum primipara di Rumah Sakit Trisna Medika Tulungagung Kesimpulan: ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang cara memandikan bayi dan praktek memandikan bayi pada ibu post partum primipara Kata kunci: pendidikan kesehatan, cara memandikan bayi, praktek memandikan bayi, ibu post partum primipara

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 08 Sep 2015 03:51
    Last Modified: 08 Sep 2015 03:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18246

    Actions (login required)

    View Item