ANALISIS KEMUNGKINAN IMPLEMENTASI PENGUKURAN KINERJA PERGURUAN TINGGI DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Pada Universitas Widya Dharma Klaten)

Hidayati, Nurul (2015) ANALISIS KEMUNGKINAN IMPLEMENTASI PENGUKURAN KINERJA PERGURUAN TINGGI DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Pada Universitas Widya Dharma Klaten). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (352Kb) | Preview

    Abstract

    ANALISIS KEMUNGKINAN IMPLEMENTASI PENGUKURAN KINERJA PERGURUAN TINGGI DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Pada Universitas Widya Dharma Klaten) Nurul Hidayati F1312083 Pengukuran kinerja adalah hal penting bagi sebuah unit bisnis. Pengukuran kinerja yang sering digunakan selama ini adalah pengukuran kinerja yang hanya mengukur kinerja keuangan, tidak dapat mengambarkan kinerja perusahaan secara keseluruan. Adanya kekurangan tersebut, maka diciptakan suatu metode pengukuran kinerja yang dikenal dengan istilah Balanced Scorecard yang mempertimbangkan aspek keuangan dan non-keuangan. Pengukuran kinerja Balance Scorecard menyangkut empat perspektif yaitu : Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan. Penelitian dilakukan dengan mengambil data selama 3 tahun terakhir (2011-2013). Teknik analisis data penulis menggunakan teknik analisis komparatif yaitu membandingkan antara pengukuran kinerja dengan target yang telah ditentukan dengan metode pengukuran kinerja dengan Balanced Scorecard. Hasil analisa yang sudah dilakukan penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa pengukuran kinerja Universitas Widya Dharma memungkinkan untuk menerapkan Balanced Scorecard. Dilihat dari perspektif pelanggan melalui kepuasan mahasiswa yang puas akan kinerja dosen dan karyawan serta akuisisi pelanggan dinilai cukup. Perspektif keuangan dinilai baik dilihat dari pendapatan dan sumber dana lain. Proses bisnis internal dinilai cukup dilihat dari inovasi dan proses operasional. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah cukup baik. Penulis menyarankan Universitas Widya Dharma Klaten untuk menerapkan sistem pengukuran kinerja dengan Balanced Scorecard melalui keempat perspektif secara lengkap, sehingga kinerja perusahaan dapat diukur secara menyeluruh. Kata kunci: Pengukuran Kinerja, BAN-PT, Balanced Scorecard, Perguruan Tinggi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 08 Sep 2015 03:41
    Last Modified: 08 Sep 2015 03:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18243

    Actions (login required)

    View Item