PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS XI IPS2 SMANEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Maryani, Anik (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS XI IPS2 SMANEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (918Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 dengan model pembelajaran role playing. Penelitian ini merupakan penelititan tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu analisis kuantitatif dan analisis klinis.Analisis kuantitatif menggunakan rumus precentage changeuntuk mengetahui peningkatan skor kecerdasan sosial siswa melalui angket, sedangkan analisis klinis menggunakan tekhnik deskriptif untuk mengetahui perubahan sikap yang terjadi pada siswa melalui observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran role playing ada peningkatan kecerdasan sosial siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015. Pada siklus I skor tingkat kecerdasan sosial peserta didik meningkat dari 72,58 menjadi 83,08 (14,50%) sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan skor kecerdasan sosial peserta didik yang signifikan menjadi 109,06 (49,89%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran role playing melalui pelajaran Sosiologi terbukti dapat meningkatkan kecerdasan sosial siswa kelas XI IPS 2, SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: role playing, kecerdasan sosial.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 07 Sep 2015 22:33
    Last Modified: 07 Sep 2015 22:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18232

    Actions (login required)

    View Item