MAKNA SIMBOLIS TRADISI UPACARA PEMBERIAN NAMA ORANG JAWA SEBAGAI SUMBER NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL JAWA PADA MASYARAKAT NELAYAN DI KABUPATEN CILACAP (Sebuah Tinjauan Semiotika)

Wisnuri, Anastasia Nindya (2015) MAKNA SIMBOLIS TRADISI UPACARA PEMBERIAN NAMA ORANG JAWA SEBAGAI SUMBER NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL JAWA PADA MASYARAKAT NELAYAN DI KABUPATEN CILACAP (Sebuah Tinjauan Semiotika). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (805Kb) | Preview

    Abstract

    Makna simbolis dan pendidikan karakter banyak terkandung dalam upacara tradisi Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan makna simbolis, nilai pendidikan karakter, dan relevansi nilai pendidikan karakter dalam upacara tradisi pemberian nama orang Jawa di Desa Ujungmanik Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap serta relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode observasi langsung dan teknik content analisys (analisis kandungan isi) sebagai teknik pengumpulan data.Sumber data dalam penelitian ini adalah peristiwa upacara tradisi dan informan serta dokumentasi foto atau video dalam upacara tradisi. Adapun data yang digunakan adalah kejadian langsung dan dokumentasi serta rekaman hasil wawancara dari para informan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis interaktif, sedangkan validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simbol yang terdapat dalam upacara tradisi pemberian nama orang Jawa di Desa Ujungmanik dibagi menjadi tiga bagian yaitu simbol benda, simbol verbal, dan simbol tingkah laku. Adapun nilainilai pendidikan karakter yang ditemukan sebanyak sepuluh karakter yaitu: 1) religius, 2) bersahabat/komunikatif dalam karukunan, 3) menghargai prestasi dalam pakurmatan, 4) kerja keras dalam kaluwargan, 5) peduli sosial dalam rasa kamangerten, 6) cinta tanah air dalam ngleluri budaya Jawa, 7) disiplin dalam pepesthen manungsa Jawa, 8) cinta damai dalam unggah ungguh, 9) tanggung jawab dalam rasa welas asih, dan 10) toleransi dalam rasa tanpa pamrih. Penelitian ini juga berhasil menyimpulkan bahwa makna simbolis dan nilai pendidikan karakter dalam upacara tradisi pemberian nama orang Jawa di Desa Ujungmanik relevan dengan pembelajaran Bahasa Jawa baik pada tingkat SMP maupun SMA. Kata kunci: upacara tradisi, simbol, karakter,pembelajaran, Bahasa Jawa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 07 Sep 2015 21:19
    Last Modified: 07 Sep 2015 21:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18218

    Actions (login required)

    View Item