EFEK PENGUMUMAN SAHAM BONUS TERHADAP PERGERAKAN HARGA SAHAM DAN VOLUME PERDAGANGAN (Perusahaan yang Listed di BEI tahun 2000-2008)

Saputra, Ferdian Jaya (2015) EFEK PENGUMUMAN SAHAM BONUS TERHADAP PERGERAKAN HARGA SAHAM DAN VOLUME PERDAGANGAN (Perusahaan yang Listed di BEI tahun 2000-2008). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (779Kb) | Preview

    Abstract

    Informasi yang dirilis suatu perusahaan seperti pembagian deviden, stock split, right issued, saham bonus dan berbagai informasi yang dengan berkaitan pada saham individual suatu perusahaan dapat saja membuat reaksi pasar. Dalam pasar modal corporate action merupakan hal yang wajar dilakukan suatu perusahaan dalam rangka untuk meningkatkan nilai perusahaan. Corporate action dapat menjadi signaling information yang berpengaruh pada pihak-pihak yang terlibat atau berkepentingan di pasar modal. Peneliti bertujuan meneliti pengaruh corporate action berupa pengumuman saham bonus terhadap pergerakan harga saham pada Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 perusahaan yang melakukan pengumuman saham bonus tahun 2000-2008 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Aplikasi Microsoft office excel dan SPSS 21 yang digunakan sebagai alat analisis pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara abnormal return sebelum dan setelah corporate action saham bonus dan terdapat perbedaan yang signifikan pada trading volume activity sebelum dan setelah corporate action saham bonus. Kedua hal tersebut terjadi karena pasar merespon informasi tersebut tidak bernilai ekononmis dan sebagia bad news. Kata kunci : corporate action, saham bonus, abnormal return dan trading volume activity

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 07 Sep 2015 21:17
    Last Modified: 07 Sep 2015 21:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18214

    Actions (login required)

    View Item