EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MIND MAPPING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI OPERASI ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Primasari, Dessy Marlinda (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MIND MAPPING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI OPERASI ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (171Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari gaya belajar siswa. Model Pembelajaran yang dibandingkan adalah PBL dengan Mind Mapping, PBL dan Pembelajaran Klasikal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 3x3. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se- Kabupaten Sragen. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 293 siswa dengan rincian 98 siswa pada kelas eksperimen 1, 98 siswa pada kelas eksperimen 2, dan 97 siswa pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket gaya belajar dan tes prestasi belajar. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian ini adalah : (1) model PBL dengan Mind Mapping menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya dengan model pembelajaran PBL, model PBL dengan Mind Mapping menghasilkan prestasi belajar lebih baik daripada model pembelajaran klasikal, model PBL menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya dengan model pembelajaran klasikal. (2) Siswa dengan tipe gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang sama dengan siswa yang memiliki tipe gaya belajar auditorial dan kinestetik. Siswa dengan tipe gaya belajar auditorial memiliki prestasi belajar yang sama dengan siswa yang memiliki tipe gaya belajar kinestetik. (3) Pada masing-masing tipe gaya belajar, pembelajaran menggunakan model PBL dengan Mind Mapping memberikan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan menggunakan model PBL dan pembelajaran klasikal, pembelajaran menggunakan model PBL memberikan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan model pembelajaran klasikal. (4) Pada masing-masing model pembelajaran, Siswa dengan tipe gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang sama dengan siswa yang memiliki tipe gaya belajar kinestetik dan auditorial, dan siswa dengan tipe gaya belajar kinestetik memiliki prestasi belajar yang sama dengan siswa yang memiliki tipe gaya belajar auditorial. Kata Kunci: PBL, Mind Mapping, Gaya Belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 07 Sep 2015 20:29
    Last Modified: 07 Sep 2015 20:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18207

    Actions (login required)

    View Item