PENGEMBANGAN E-MODUL EKOSISTEM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA SUB POKOK BAHASAN ALIRAN ENERGI UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Fakhrudin, Isma (2015) PENGEMBANGAN E-MODUL EKOSISTEM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA SUB POKOK BAHASAN ALIRAN ENERGI UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (628Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan e-modul ekosistem berbasis problem based learning pada sub pokok bahasan aliran energi untuk sekolah menengah atas. Pengembangan e-modul dilakukan untuk dapat memberikan fasilitas dan suasana pembelajaran yang bersifat kontekstual, mandiri, dan proses pembelajaran problem based learning. E-modul dikembangkan dengan merujuk pada Borg and Gall dan dimodifikasi menjadi 3D (define, design, develop). Prosedur penelitian tidak mengikutsertakan tahapan diseminasi. Materi yang dikaji dalam e-modul terbatas pada sub pokok bahasan aliran energi. Karakteristik e-modul yang dikembangkan terdapat pada integrasi PBL, integrasi materi hasil riset “Karakteristik Ekofisiologi Reproduksi Hama Tikus Sawah (Rattus Argentiventer Robb & Kloss)”, dan pemaketan produk berupa program aplikasi (.exe). Hasil yang didapatkan dari uji validasi untuk aspek substansi, konstruk, dan media adalah 32 (100 %) kategori sangat baik, 16 (80 %) kategori baik, 44 (84,62 %) kategori baik. Hasil uji coba kecil untuk siswa dan guru mendapatkan nilai 18,67 (93,35 %) dan 15 (100 %) dengan kategori sangat baik untuk kedua responden. Hasil uji coba besar terbatas untuk siswa dan guru mendapatkan nilai 17,63 (88,15 %) dan 14,5 (96,67 %) dengan kategori sangat baik untuk kedua responden. E-modul yang dikembangkan memiliki karakteristik integrasi PBL, materi hasil riset, dan pemaketan produk sebagai program aplikasi (.exe). E-modul telah dinyatakan layak digunakan untuk kepentingan pembelajaran aliran energi di sekolah menengah atas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Rizqy Pratama Putra
    Date Deposited: 07 Sep 2015 19:44
    Last Modified: 07 Sep 2015 19:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18192

    Actions (login required)

    View Item