PENINGKATANSERAPAN P TANAMAN BAWANG PUTIH(Allium sativum L) DI TANAH ANDISOL MELALUIPEMBERIAN TANAH LAPISAN ATAS HUTAN PINUS DAN PUPUK P

Martana, (2015) PENINGKATANSERAPAN P TANAMAN BAWANG PUTIH(Allium sativum L) DI TANAH ANDISOL MELALUIPEMBERIAN TANAH LAPISAN ATAS HUTAN PINUS DAN PUPUK P. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (289Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh pemberian tanah lapisan atas hutan pinus dan pupuk P terhadap peningkatan penyerapan P, pertumbuhan, dan hasil tanaman bawang putih di tanah andisol. Penelitian ini merupakan percobaan faktorial 2 faktor (3x3) menggunakan rancangan acak lengkap. Faktor pertama adalah tanah lapisan atas hutan pinus terdiri atas 3 taraf yaitu :0, 0,25 dan 0,50 kg per polybag. Faktor kedua adalah pupuk P yang terdiri atas 3 taraf yaitu : 0 , 34,5 dan 69 kg P2O5/ha. Dari kedua faktor diperoleh 9 kombinasi perlakuan dan masing-masing diulang 3 kali. Parameter yang diamati adalah kadar P jaringan tanaman, berat kering tanaman bawang putih umur satu bulan, dua bulan, tiga bulan dan panen, kecepatan pertumbuhan rata-rata tanaman bawang putih, berat umbi kering matahari. Data dianalisis dengan metode analisis ragam, dari uji F yang berbeda nyata dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan pada taraf signifikan 5 % dan regresi-korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemupukan P meningkatkan penyerapan P bawang putih. Penyerapan P yang terbaik terjadi pada pemberian pupuk P dosis 34,5 kg P2O5/ha yang menghasilkan kadar P jaringan tanaman sebesar 0,426 %. Peningkatan penyerapan P tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil bawang putih. Pemberian tanah lapisan atas hutan pinus menurunkan penyerapan P bawang putih, namun demikian tanah lapisan atas hutan pinus 0,50 kg per polibag dapat meningkatkan berat umbi kering matahari per tanaman dari 5,61 g menjadi 8,63 g per tanaman (53,83 %). Hasil tertinggi bawang putih adalah 8,63 g per tanaman atau setara dengan 3,26 ton /ha. Untuk meningkatkan hasil bawang putih di tanah andisol perlu pemberian tanah lapisan atas hutan pinus sebanyak 0,50 kg per polibag, sedangkan pupuk P belum diperlukan. Kata kunci : Tanah lapisan atas hutan pinus, penyerapan P, bawang putih.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Agronomi
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 07 Sep 2015 19:46
    Last Modified: 07 Sep 2015 19:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18191

    Actions (login required)

    View Item