Pola Ketersediaan Akses Informasi Kesehatan Reproduksi Perempuan Perdesaan(Kasus di Desa Pacing Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten)

Sucianingsih, Maria (2015) Pola Ketersediaan Akses Informasi Kesehatan Reproduksi Perempuan Perdesaan(Kasus di Desa Pacing Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (235Kb) | Preview

    Abstract

    Kesehatan adalah hak setiap orang. Kesehatan merupakan bagian dari kebutuhan dasar setiap manusia, bahkan menjadi dasar untuk mencapai kebutuhan-kebutuhan lainnya. Melihat pentingnya kesehatan bagian setiap manusia dimanapun berada maka issu kesehatan masuk dalam agenda besar banyak negara, seperti yang tertuang dalam tujuan pembangunan milenium. Salah satunya adalah menurunkan angka kematian ibu melahirkan. Angka kematian ibu melahirkan naik menjadi 359 per 100 ribu kelahiran hidup dibandingkan periode sebelumnya (SDKI, 2012), selain itu penyebab kematian perempuan terbesar lainnya adalah kanker serviks. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis penyebab belum memadainya pemahaman perempuan desa Pacing tentang kesehatan reproduksi perempuan, (2) Mendeskripsikan kemampuan perempuan pedesaan dalam memperoleh akses informasi tentang kesehatan reproduksi, (3) Menganalisis polapola informasi kesehatan reproduksi perempuan pedesaan yang mempengaruhi kesadaran terhadap kesehatan reproduksinya. Berdasarkan tujuan penelitian ini maka metodologinya kualitatif eksploratif. dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Kriteria yang digunakan dalam pemilihan subjek penelitian berdasarkan pada struktur sosial rumah tangga dalan konteks Pacing dengan teknik sampling yang dikenal dengan purposive sampling. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Pemahaman perempuan desa pacing tentang kesehatan reproduksi perempuan belum memadai dikarenakan a) Pemahaman kesehatan yang masih sempit, b) Kesehatan reproduksi belum menjadi program unggulan, c) Kurangnya waktu untuk mengakses informasi secara cepat, d) Budaya dan kelas sosial yang terbentuk didalam masyarakat (2) Kemampuan perempuan desa yang masih rendah untuk memperoleh informasi tentang kesehatan reproduksi perempuan dipengaruhi oleh internal dan eksternal (3) Pola-pola informasi kesehatan reproduksi perempuan pedesaan yang mempengaruhi kesadaran terhadap kesehatan reproduksinya meliputi a) Jalur-jalur informasi yang ditempuh perempuan desa b) Pola komunikasi yang mendorong kesadaran terhadap kesehatan reproduksi perempuan yang terdiri dari komunikator, pesan, karakteristik penerima pesan dan media informasi. Kata kunci: kesehatan reproduksi, perempuan dan informasi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    R Medicine > RT Nursing
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Penyuluhan Pembangunan
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 07 Sep 2015 19:38
    Last Modified: 07 Sep 2015 19:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18189

    Actions (login required)

    View Item