ANALISIS PENGARUH WORKING CAPITAL MANAGEMENT TERHADAP PROFITABILITAS DAN NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008-2012)

RAMADHAN, GILANG (2015) ANALISIS PENGARUH WORKING CAPITAL MANAGEMENT TERHADAP PROFITABILITAS DAN NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008-2012). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (427Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan manajerial terhadap hubungan antara diversifikasi yang diukur dengan indeks Herfindahl dan kinerja perusahaan yang diukur dengan ROA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris tentang (a) pengaruh diversifikasi pada kinerja perusahaan (b) pengaruh kepemilikan manajerial pada hubungan antara diversifikasi dan kinerja perusahaan. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berasal dari ICMD, OSIRIS, dan laporan keuangan tahunan dari masing-masing perusahaan. Syarat pengambilan sampel berdasarkan ketersediaan laporan keuangan perusahaan, pelaporan tingkat kepemilikan manajerial, dan pelaporan segmen usaha perusahaan. Sampel data merupakan perusahaan manufaktur go public yang beroperasi di Indonesia pada tahun 2006-2010, sebanyak 51 perusahaan.Penelitian ini menggunakan data panel untuk kepentingan analisis. Penulis menggunakan program EViews8 for Windows. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa diversifikasi secara signifikan berpengaruh negatif pada kinerja perusahaan, dan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi mampu memoderasi hubungan antara diversifikasi dengan kinerja perusahaan, dengan adanya mekanisme pengawasan yang berbentuk kepemilikan manajerial terbukti dapat mengurangi efek negatif diversfikasi pada kinerja perusahaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 07 Sep 2015 15:40
    Last Modified: 07 Sep 2015 15:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18161

    Actions (login required)

    View Item