PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN PEGAWAI, DAN PROGRAM PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PEGAWAI BKD PEMERINTAH KABUPATEN NGAWI

S. P., FUAD HARRYS (2015) PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN PEGAWAI, DAN PROGRAM PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PEGAWAI BKD PEMERINTAH KABUPATEN NGAWI. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (304Kb) | Preview

    Abstract

    Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Ngawi merupakan salah satu SKPD yang terdapat pada Pemerintah Kabupaten Ngawi yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai lembaga teknis daerah yang membidangi manajemen kepegawaian dan peningkatan kualitas sumberdaya aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ngawi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran terkait kompetensi pegawai di Badan Kepegawaian Daerah (BKD)Pemerintah Kabupaten Ngawi. Secara lebih spesifik penelitian ini digunakan untuk menguji sejauh mana pengaruh motivasi, disiplin pegawai, dan program pelatihan terhadap peningkatan kompetensi pegawai BKD Pemerintah Kabupaten Ngawi. Penelitian ini menggunakan beberapa kajian teori dari para ahli untuk mendefinisikan tiap variabel penelitian. Motivasi mengacu pada teori Mc.Clelland (2011), disiplin pegawai mengacu pada teori Singodimendjo (2011), dan program pelatihan mengacu pada teori Veithzal Rivai (2004), sedangkan untuk peningkatan kompetensi mengacu pada Kusumastuti (2001). Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatoris. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Ngawi. Jumlah Sampel yang diambil yaitu 42 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan studi sensus. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi, disiplin dan program pelatihan bersama-sama tidak memiliki pengaruh terhadap peningkatan kompetensi. Berdasarkan hasil uji F, menunjukkan bahwa nilai F sebesar 1,41 yang lebih kecil dari F tabel 2,63 (df 385). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa motivasi, disiplin pegawai dan program pelatihan tidak berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 07 Sep 2015 15:29
    Last Modified: 07 Sep 2015 15:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18159

    Actions (login required)

    View Item