KUALITAS PELAYANAN PASIEN PKMS (PEMELIHARAAN KESEHATAN MASYARAKAT SURAKARTA) DI UPTD (UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH) PUSKESMAS GAJAHAN KOTA SURAKARTA

, ISWATI (2015) KUALITAS PELAYANAN PASIEN PKMS (PEMELIHARAAN KESEHATAN MASYARAKAT SURAKARTA) DI UPTD (UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH) PUSKESMAS GAJAHAN KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (300Kb) | Preview

    Abstract

    Kesehatan masih menjadi masalah utama bagi masyarakat terutama di wilayah Kota Surakarta. Pemerintah telah melakukan berbagai cara untuk dapat menangani berbagai macam keluhan salah satunya dengan adanya kartu PKMS. PKMS adalah suatu program pemeliharaan kesehatan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Surakarta yang berujud bantuan biaya pengobatan yang bertujuan untuk memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat kota Surakarta terutama bagi masyarakat miskin. Penelitian ini menggunakan jenis pengamatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara atau interview, dokumentasi serta data kepustakaan. Hasil penelitian di UPTD Puskesmas Gajahan Kota Surakarta adalah kualitas pelayanan yang diberikan oleh UPTD Puskesmas Gajahan kepada pasien PKMS sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat. Dimensi pokok untuk mengukur kualitas layanan di UPTD Puskesmas Gajahan antara lain : 1) Bukti Fisik (Tangibles), 2) Keandalan (Realibility), 3) Daya Tanggap (Responsiveness), 4) Jaminan (Assurance), dan 5) Empati (Empathy). Puskesmas Gajahan telah menunjukkan pelayanan yang baik dengan memberikan pelayanan yang memenuhi harapan dan kepuasan pasien PKMS, sarana prasarana yang mendukung, efektifitas dan efisiensi dalam melayani pasien berobat, penanganan yang berkelanjutan kepada pasien, keamanan dalam pengobatan dan tempat pelayanan, kejelasan dan kemudahan mendapat informasi atau mencari informasi yang dibutuhkan pasien PKMS, pelayanan yang tepat dan disiplin sesuai jadwal pelayanan yang ada, menjaga hubungan baik dengan pasien dan instansi-instansi yang terlibat dalam pelayanan pasien PKMS.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 07 Sep 2015 13:53
    Last Modified: 07 Sep 2015 13:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18154

    Actions (login required)

    View Item