SOLIDARITAS KELOMPOK PETANI PADI DALAM MENINGKATKAN HASIL PERTANIAN (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Solidaritas Kelompok Petani Padi Dalam Meningkatkan Hasil Pertanian di Kelurahan Gedongan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar)

Pambudi, Ezra (2015) SOLIDARITAS KELOMPOK PETANI PADI DALAM MENINGKATKAN HASIL PERTANIAN (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Solidaritas Kelompok Petani Padi Dalam Meningkatkan Hasil Pertanian di Kelurahan Gedongan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (188Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk solidaritas masyarakat Petani dalam meningkatkan hasil pertanian padi melalui kegiatan pertanian padi yaitu melalui suatu usaha intensifikasi pertanian, mekanisasi pertanian , dan rehabilitasi pertanian. Teori yang digunakan untuk mengkaji penelitian ini adalah teori solidaritas yang dikemukakan oleh Emile Durkheim. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data digunakan triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu seperti dokumentasi gambar. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan dasar petani yang aktif mengikuti kelompok tani dan melakukan kegiatan peningkatan usaha tani seperti kegiatan intensifikasi pertanian, mekanisasi pertanian dan rehabilitsi pertanian. Sebagai informannya adalah 4 orang petani padi yang kesemuanya hidup dan menetap di wilayah Kelurahan Gedongan Kabupaten Karanganyar, serta 1 orang PPL pertanian yang bertugas di Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Hasil dari penelitian ini dikemukakan bahwa untuk meningkatkan hasil pertanian entah itu petani dengan lahan garapan luas ataupun sempit semua lapisan petani ikut secara bersama melakukan bentuk solidaritas yang dituangkan dalam sebuah kegiatan usaha tani yaitu intensifikasi pertanian, mekanisasi pertanian, dan rehabilitasi pertanian. 1. Solidaritas dalam intesifikasi pertanian : Masyarakat Petani Padi di Kelurahan Gedongan ikut terlibat secara bersama-sama dalam kegiatan pengolahan tanah, pemilihan bibit, pengairan sawah, pemupukan, pemberantasan hama, dan pengolahan hasil pertanian. Kegiatan solidaritas antar petani ini didasarkan atas tujuan yang sama dimana antar petani ingin meningkatkan hasil pertanianya. 2. Solidaritas dalam mekanisasi pertanian : Masyarakat petani padi di Kelurahan Gedongan melakukan solidaritas dalam penggunaan mesin-mesin pertanian, seperti penggunaan traktor bajak dan mesin diesel penyedot air yang yang dibeli secara bersama dengan menggunakan kas kelompok petani padi. 3. Solidaritas dalam rehabilitasi pertanian : Masyarakat petani padi di Kelurahan Gedongan melakukan bentuk kegiatan pengolahan lahan tidak produktif dimana lahan yang tidak produktif dikerjakan secara bersama oleh petani yang hanya memiliki lahan garapan sempit, selain itu juga terjadi pertukaran informasi antar petani padi supaya petani tidak salah tanam disetiap musimnya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 05 Oct 2015 14:17
    Last Modified: 05 Oct 2015 14:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18150

    Actions (login required)

    View Item