PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN FORMATIF FISIKA SMA KELAS X SEMESTER GENAP KURIKULUM 2013

Hidayah, Istiqomah Nur (2015) PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN FORMATIF FISIKA SMA KELAS X SEMESTER GENAP KURIKULUM 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (624Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun instrumen tes formatif Fisika SMA kelas X IPA semester genap yang mempunyai karakteristik tes Fisika yang baik, serta mengetahui validitas, reliabilitas dan analisis kualitatif butir tes pada Fisika SMA kelas X IPA semester genap. Jenis penelitian ini adalah penelitian penyusunan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif meliputi materi, konstruksi dan bahasa sedangkan analisis data kuantitatif untuk mengetahui taraf kesukaran, daya beda dan reliabilitas. Prosedur penyusunan instrumen tes meliputi tahapan: (1) menyusun spesifikasi tes, (2) menulis soal tes, (3) menelaah soal tes, (4) melakukan ujicoba tes, (5) menganalisis butir soal, hingga tahap (6) memperbaiki tes. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa tes formatif Fisika SMA kelas X semester genap yang disusun ini sudah sesuai dengan karakteristik tes Fisika yang baik karena instrumen penilaian yang disusun sudah memenuhi syarat menjadi instrumen yang baik yaitu mempunyai validitas isi yang baik, reliabilitas yang tinggi, daya beda soal cukup, dan taraf kesukaran sedang. Instrumen penilaian sudah sesuai dengan kurikulum 2013, karena bentuk instrumen tes pengetahuan berupa uraian yang lebih cocok diterapkan pada kurikulum 2013, serta terdapat instrumen penilaian sikap dan instrumen penilaian keterampilan. Produk dari penyusunan tes formatif Fisika SMA kelas X semester genap menghasilkan soal yang memenuhi semua kriteria instrumen tes yang baik dengan rincian sebagai berikut: untuk paket soal I (Kalor) dihasilkan 17 soal yang memenuhi kriteria soal yang baik, dan untuk paket soal II (Optik) dihasilkan 9 soal yang memenuhi kriteria soal yang baik dan sudah mencakup semua indikator. Instrumen penilaian pengetahuan yang disusun memiliki validitas isi yang baik berdasarkan hasil telaah pakar dan memiliki reliabilitas tes yang tinggi (r =0,6154) untuk paket soal I (Kalor) dan reliabilitas yang sangat tinggi (r 11 11 =0,8543) untuk paket soal II (Optik). Instrumen penilaian sikap memiliki reliabilitas tes yang sangat tinggi (r =0,8826) untuk paket soal I (Kalor) dan reliabilitas yang tinggi (r 11 v 11 =0,7741) untuk paket soal II (Optik). Instrumen penilaian keterampilan memiliki reliabilitas tes yang tinggi (r 11 =0,6189) untuk paket soal I (Kalor) dan reliabilitas yang tinggi (r =0,6248) untuk paket soal II (Optik). Kata Kunci: penyusunan tes, tes formatif Fisika kelas X, Kurikulum 2013

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 07 Sep 2015 13:42
    Last Modified: 07 Sep 2015 13:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18149

    Actions (login required)

    View Item