KAJIAN TENTANG PENYELESAIAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH PENGADILAN NEGERI BATANG ATAS DASAR PELIMPAHAN PERKARA DARI PENGADILAN NEGERI PEKALONGAN DENGAN PERTIMBANGAN KOMPETENSI RELATIF (Studi Putusan nomor : 33/Pid.Sus/2014/PN. Btg)

HAMDINI, EVA ARLINDRA (2015) KAJIAN TENTANG PENYELESAIAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH PENGADILAN NEGERI BATANG ATAS DASAR PELIMPAHAN PERKARA DARI PENGADILAN NEGERI PEKALONGAN DENGAN PERTIMBANGAN KOMPETENSI RELATIF (Studi Putusan nomor : 33/Pid.Sus/2014/PN. Btg). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (368Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini menjelaskan dan mengkaji permasalahan penentuan kompetensi relatif pengadilan yang berwenang mengadili suatu tindak pidana dengan cara mengabaikan locus delicti dan mengacu pada kediaman terdakwa dan para saksi karena menerapkan asas hukum acara pidana yaitu asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan, apakah sesuai ketentuan KUHAP dan apakah ketua pengadilan dapat menolak untuk mengadili perkara yang dilimpahkan ke pengadilannya. Penelitian hukum ini adalah penelitian hukum normatif bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan penelitian berupa pendekatan kasus (case approach). Jenis dan sumber penelitian berupa bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan. Analisis bahan hukum menggunakan teknik deduksi silogisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KUHAP memberikan pengaturan kewenangan pengadilan negeri untuk mengadili tidak hanya berdasarkan locus delicti namun juga berpedoman pada kediaman terdakwa dan para saksi yang dianggap dekat. Ketua pengadilan tidak dapat menolak mengadili perkara yang diajukan ke Pengadilan Negeri-nya atas dasar alasan diatas selama KUHAP tidak mengatur lain. Namun ketua pengadilan negeri dapat menolak pelimpahan berkas perkara jika memiliki alasan yang jelas. Kata kunci: Kompetensi Relatif, Pengadilan Negeri, locus delicti

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 05 Oct 2015 14:15
    Last Modified: 05 Oct 2015 14:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18148

    Actions (login required)

    View Item