PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK HIDROKARBON SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2013/2014

Rahmayanti, Etty (2015) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK HIDROKARBON SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (615Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan: (1) aktivitas siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali pada materi pokok Hidrokarbon dengan metode pembelajaran Make a Match, (2) prestasi belajar siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Ngemplak Booyolali pada materi pokok Hidrokarbon dengan metode pembelajaran Make a Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas X-7 semester genap SMAN 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2013/2014.Sumber data adalah guru dan siswa.Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (angket, observasi, dan wawancara).Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktivitas berdasarkan observasi maupun angket siswa kelas X-7 SMA N 1 Ngemplak Boyolali pada materi pokok hidrokarbon. Untuk hasil observasi, dari kondisi awal siklus I siswa berkategori aktif 36,67% ke kondisi akhir pada siklus II siswa berkategori aktif 56,67%. Untuk hasil angket, dari kondisi awal siklus I siswa berkategori aktif 30% ke kondisi akhir pada siklus II siswa berkategori aktif 80%, (2) penerapan metode pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar baik dalam aspek kognitif maupun aspek afektif siswa kelas X-7 SMA N 1 Ngemplak Boyolali pada materi pokok hidrokarbon. Dari kondisi awal siklus I, ketuntasan belajar aspek kognitif siswa sebesar 50% ke kondisi akhir siklus II 83%. Pada aspek afektif siswa berkategori tinggi sebesar 60% ke kondisi akhir siklus II 86,7%. Kata kunci: Make a Match, Hidrokarbon, Aktivitas Siswa, Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 07 Sep 2015 13:25
    Last Modified: 07 Sep 2015 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18146

    Actions (login required)

    View Item