PENGARUH MOTIVASI FUNGSIONAL TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI VOLUNTEER PENDIDIKAN DI SOLO MENGAJAR

Pratiwi, Ervin Devi (2015) PENGARUH MOTIVASI FUNGSIONAL TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI VOLUNTEER PENDIDIKAN DI SOLO MENGAJAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (221Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa menjadi volunteer pendidikan di Solo Mengajar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi fungsional antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode survey sampel. Aspek kajian dari metode penelitian menunjukkan bahwa survei bersifat explanatory. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa seluruh universitas yang tergabung menjadi volunteer di Solo Mengajar sebanyak 140 mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 59 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling dan simple random sampling dengan cara undian. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari pengumpulan data langsung oleh responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil uji persyaratan analisis SEM PLS dalam penelitian menunjukkan bahwa uji validitas konvergen dari tujuh konstruk reflektif terpenuhi dengan faktor loading diatas 0,7 dan AVE>0,5. Uji validitas diskriminan dalam penelitian ini juga terpenuhi karena akar AVE masing-masing konstruk lebih tinggi dari nilai korelasi konstruk tersebut dengan konstruk lainnya. Uji reliabilitas dalam penelitian ini terpenuhi karena nilai composite reliability>0,7. Nilai R-Square untuk variabel minat mahasiswa menjadi volunteer yakni sebesar 0,499 yang berarti variabilitas minat mahasiswa menjadi volunteer dapat dijelaskan oleh variabel motivasi fungsional value, understanding, sosial, karir, protective, peningkatan, sebesar 49,9%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian uji validitas dan reliabilitas dapat disimpulkan bahwa: (1) fungsi motivasi value memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi volunteer dengan nilai t value 2,085>1,96. (2) fungsi motivasi understanding memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi volunteer dengan nilai t value 3,115>1,96. (3) fungsi motivasi sosial memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi volunteer dengan nilai t value 2,836>1,96. (4) fungsi motivasi karir memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi volunteer dengan nilai t value 2,413>1,96. (5) fungsi motivasi protective memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi volunteer dengan nilai t value 2,606>1,96. (6) fungsi motivasi peningkatan memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi volunteer dengan nilai t value 2,789>1,96. Hasil penelitian diatas, diujikan kembali dengan memasukkan variabel moderasi jenis kelamin pada motivasi fungsional dan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Hasil analisis t-statistik menunjukkan bahwa jenis kelamin memiliki hasil signifikan dengan tingkat kesalahan 1% pada fungsi motivasi understanding terhadap minat mahasiswa menjadi volunteer. Hal ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan motivasi antara laki-laki dan perempuan dalam hal memahami diri mereka dan tujuan yang akan mereka capai. (2) Hasil analisis t-statistik menunjukkan bahwa jenis kelamin memiliki hasil yang signifikan dengan tingkat kesalahan 1% pada fungsi motivasi protective terhadap minat mahasiswa menjadi volunteer. Hal ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan motivasi antara laki-laki dan perempuan dalam hal mempertahankan ego dan mengurangi dampak negatif terkait dengan rasa bersalah karena lebih beruntung daripada yang lain. Kata kunci: Motivasi fungsional, volunteer, minat, jenis kelamin, dan Structural Equation Model

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 05 Oct 2015 14:13
    Last Modified: 05 Oct 2015 14:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18137

    Actions (login required)

    View Item