CORPORATE GOVERNANCE DAN PENGUNGKAPAN ETIKA BISNIS : STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

SETYOWATI, FITRI (2015) CORPORATE GOVERNANCE DAN PENGUNGKAPAN ETIKA BISNIS : STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (574Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini menguji pengaruh corporate governance terhadap pengungkapan etika bisnis pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012. Corporate governance direpresentasikan dengan ukuran Dewan Komisaris, proporsi anggota Komisaris Independen, ukuran Komite Audit, proporsi anggota Komite Audit Independen, keberadaan Komite Manajemen Risiko, dan keberadaan Komite Nominasi dan Remunerasi. Pengungkapan etika bisnis diukur menggunakan index earlier ethics disclosure yang terdapat dalam penelitian Persons (2009). Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2012. Jumlah sampel pada penelitian ini ditentukan dengan Tabel Krejcie & Morgan (1970) dan pengambilan sampelnya menggunakan metode random berbasis alokasi proporsional. Berdasarkan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini maka diperoleh sampel akhir sebanyak 170 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari annual report. Rerata pengungkapan etika bisnis perusahaan sebesar 27,50%. Hasil pengujian analisis regresi berganda menunjukkan bahwa ukuran Dewan Komisaris, ukuran Komite Audit dan keberadaan Komite Manajemen Risiko berpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan etika bisnis, sedangkan proporsi anggota Komisaris Independen, proporsi anggota Komite Audit Independen, keberadaan Komite Nominasi dan Remunerasi tidak berpengaruh terhadap pengungkapan etika bisnis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 07 Sep 2015 12:00
    Last Modified: 07 Sep 2015 12:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18114

    Actions (login required)

    View Item