ANALISIS RESIKO MUSCULOSKELETAL DISORDERS PEKERJA HARIAN LEPAS DENGAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT DI PDAM TIRTA LAWU KARANGANYAR

FATQ, FIKO ERISA (2015) ANALISIS RESIKO MUSCULOSKELETAL DISORDERS PEKERJA HARIAN LEPAS DENGAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT DI PDAM TIRTA LAWU KARANGANYAR. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (87Kb) | Preview

    Abstract

    PDAM Tirta Lawu Karanganyar adalah perusahaan milik daerah yang bertugas melayani kebutuhan air di Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Perusahaan ini merekrut Pekerja Harian Lepas (PHL) dalam proses instalasi jaringan distribusi air sebagai operator lapangan. Dalam proses instalasi jaringan air ditemukan proses Manual Material Handling (MMH) yang beresiko Musculoskeletal Disorders (MSDs). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis resiko MSDs yang ditimbulkan dalam pengerjaan instalasi jaringan air dengan metode REBA agar dapat diketahui resiko kesehatan yang ditimbulkan dalam proses MMH. Dalam wawancara awal diketahui para PHL mengalami keluhan nyeri pada pinggul dan pinggang setelah bekerja, kemudian dilakukan pemetaan anggota tubuh dengan Nordic Body Map sebagai alat bantu pemetaan untuk menguatkan dugaan. Setelah data dianggap cukup maka dilanjutkan dengan proses pemilihan aktivitas yang akan dinilai. Metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) kemudian dipilih sebagai metode paling tepat dalam membuktikan dan menganalisis adanya MSDs dalam proses kerja. Dilanjutkan dengan merekam kegiatan para operator dan kemudian dilakukan scoring menggunakan REBA Worksheet dalam kegiatan yang sudah ditentukan. Metode REBA terbukti menunjukkan semua kegiatan beresiko MSDs terhadap kesehatan para PHL sebagai operator. Hasil analisis dari metode REBA yang didapatkan dapat dijadikan pedoman bagi penelitian lebih lanjut untuk pendalaman masalah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 07 Sep 2015 11:38
    Last Modified: 07 Sep 2015 11:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18103

    Actions (login required)

    View Item