PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMP SE-KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Yuiarti, Titik (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMP SE-KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (571Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui bagaimana proses pengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan pendekatan ilmiah (scientific approach) yang valid dan praktis pada materi segitiga kelas VII SMP (2) mengetahui efektifitas perangkat pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan pendekatan ilmiah (scientific approach) yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap yang pertama adalah proses pengembangan perangkat pembelajaran yang menggunakan model 4-D. Model ini terdiri dari empat tahap yaitu (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (develop), meliputi (4) tahap penyebaran (disseminate). Tahap yang kedua adalah uji efektivitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan menggunakan metode eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP negeri 1 Tasikmadu. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan diambil dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan yang satu sebagai kelas kontrol. Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) pengembangan perangkat pembelajaran yang di kembangkan valid dan praktis karena perangkat yang dikembangkan didasarkan pada rasional teoritik yang kuat, terdapat konsistensi internal, dan perangkat yang dikembangkan dapat diterapkan. (2) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan ilmiah terbukti lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model langsung. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) , Pendekatan Ilmiah (scientific approach)

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Pasca Sarjana
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 07 Sep 2015 11:26
    Last Modified: 07 Sep 2015 11:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18101

    Actions (login required)

    View Item