PERAN MEDIASI KEPUASAN DAN STRES KERJA PADA HUBUNGAN ANTARA KONFLIK PERAN DAN KOMITMEN ORGANISASI (STUDI PADA RELAWAN BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT KABUPATEN SUKOHARJO)

KURNIAWAN, FATAH (2015) PERAN MEDIASI KEPUASAN DAN STRES KERJA PADA HUBUNGAN ANTARA KONFLIK PERAN DAN KOMITMEN ORGANISASI (STUDI PADA RELAWAN BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT KABUPATEN SUKOHARJO). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (1024Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji teori peran dan kaitannya dengan komitmen afektif dalam organisasi. Sedikitnya studi yang terkait tentang teori peran di organisasi relawan menjadi motivasi peneliti untuk melakukan penelitian ini. Sampel yang diambil berjumlah 230relawan aktif yang tergabung dalam organisasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM MP) Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Metode statistik yang digunakan untuk menguji validitas, reliabilitas, dan hipotesis penelitian penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik peran berpengaruh positif pada stres kerja dan memberikan pengaruh negatif terhadap kepuasan kerja.Namun stres kerja tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja maupun komitmen afektif relawan. Hasil penelitian berikutnya menunjukkan bahwa konflik peran berpengaruh terhadap komitmen afektif melalui kepuasan kerja. Disimpulkan bahwa penerapan teori peran pada organisasi relawan memberikan hasil yang berbeda terhadap penelitian-penelitian terdahulu, serta memerlukan pembanding penelitian terhadap organisasi nirlaba yang lain.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Manajemen
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 07 Sep 2015 11:01
    Last Modified: 07 Sep 2015 11:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18086

    Actions (login required)

    View Item