IMPLEMENTASI KOMPETENSI INTI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI SMA MTA SURAKARTA)

Permatasari, Intan (2015) IMPLEMENTASI KOMPETENSI INTI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI SMA MTA SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (686Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pemahaman guru sejarah SMA MTA Surakarta tentang kompetensi inti Kurikulum 2013, 2) untuk mengetahui perencanaan pelaksanaan kompetensi inti Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA MTA Surakarta., 3) untuk mengetahui penerapan kompetensi inti Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA MTA Surakarta, dan 4) untuk mengetahui evaluasi yang dilakukan oleh guru sejarah di SMA MTA Surakarta dalam pelaksanaan kompetensi inti kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA MTA Surakarta pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru sejarah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan kepala sekolah SMA MTA Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Agar data penelitian yang didapatkan valid maka, peneliti menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis yang digunakan peneliti adalah model analisis interaktif. Prosedur penelitian yang digunakan adalah tahap pra lapangan, tahap penelitian lapangan, tahap analisis data, dan tahap penyusunan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru Sejarah di SMA MTA Surakarta memahami kompetensi inti sebagai hal yang mendasari seorang guru dalam mewujudkan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran dan tujuan yang diinginkan oleh kurikulum. 2) Perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan kompetensi inti kurikulum 2013 sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. 3) Pelaksanaan pembelajaran sejarah berdasarkan kompetensi inti Kurikulum 2013 di SMA MTA Surakarta sudah berjalan dengan baik, karena di dalam proses pembelajaran sejarah guru selalu memunculkan kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi ketrampilan peserta didik. Peserta didik juga telah mampu menunjukkan dengan baik setiap kompetensi inti, baik dalam hal ibadah, berperilaku dan berbicara, memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru dan mengolah informasi, serta menyelesaian setiap tugas proyek. 4) Selama proses pembelajaran sejarah, evaluasi setiap kompetensi juga dilakukan dengan baik oleh guru. Simpulan penelitian ini adalah penerapan kompetensi inti Kurikulum 2013 melalui pendekatan scientific dengan tahap 5 M (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan) dan bersifat student centre, dapat meningkatkan kompetensi peserta didik secara menyeluruh dalam pembelajaran sejarah di SMA MTA Surakarta. Kata kunci: Kompetensi Inti, Kurikulum 2013, Pembelajaran Sejarah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Rizqy Pratama Putra
    Date Deposited: 06 Sep 2015 22:19
    Last Modified: 06 Sep 2015 22:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18060

    Actions (login required)

    View Item