PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5EDISERTAI JURNAL BELAJAR REFLEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 SURAKARTATAHUN PELAJARAN 2013/2014

KUBIKAZARI, SINJU (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5EDISERTAI JURNAL BELAJAR REFLEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 SURAKARTATAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (594Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5Edan Learning Cycle 5Edisertai jurnal belajar reflektif terhadap kemampuan komunikasi siswa kelas VII SMPNegeri 9 Surakartatahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dikategorikan dalam penelitian eksperimen semu (quasi experimental research) menggunakan desain penelitian Posttest Only Nonequivalent Control Group Design. Kelompok kontrol menggunakan metode ceramah, diskusi, presentasi, kelompok eksperimen satu menggunakan model Learning Cycle 5E, dan kelompok eksperimen dua menggunakan model Learning Cycle 5E disertai jurnal belajar reflektif.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel pada penelitian adalah Cluster Samplingsehingga terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen satu, VII B sebagai kelas eksperimen dua, dan VII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes yaitu metode dokumentasi dan observasi. Uji hipotesis menggunakan uji anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada nilai akhir kemampuan komunikasi siswa baik pada komunikasi lisan maupun tertulis. Kemampuan komunikasi kelas kontrol sebesar 55,58, kelas eksperimen satu sebesar 68,39, dan kelas eksperimen dua sebesar 72,96. Hasil uji anava menyatakan adanya perbedaan pada kelompok-kelompok perlakuan yang ditunjukkan dari nilai Sig.sebesar 0,000. Uji lanjut scheffedilakukan untuk mengetahui letak perbedaan yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen satu terhadap kontrol dan eksperimen dua terhadap kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model Learning Cycle 5E maupun Learning Cycle 5E disertai jurnal belajar reflektif berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi siswa. kata kunci :learning cycle 5E, jurnal belajar reflektif, kemampuan komunikasi.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 15 Sep 2015 12:39
    Last Modified: 15 Sep 2015 12:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18043

    Actions (login required)

    View Item