PERSEPSI CUSTOMER TERHADAP LAYANAN PARKIR LANGGANAN DI PT. ANGKASA PURA I (PERSERO) CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO SURAKARTA

Putri, Silvana (2015) PERSEPSI CUSTOMER TERHADAP LAYANAN PARKIR LANGGANAN DI PT. ANGKASA PURA I (PERSERO) CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO SURAKARTA. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (333Kb) | Preview

    Abstract

    Tugas Akhir ini berjudul “Persepsi Customer Terhadap Layanan Parkir Langganan Di PT.Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta”. Rumusan massalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi Customer terhadap lima dimensi kualitas jasa pada PT. Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Sampel diambil sebanyak 75 responden dengan metode judment sampling. Pengumpulan data dengan cara menyebar kuisoner, data yang terkumpul dianalisis dengan analisis diskriptif. Maka hasil penelitian yang didapat adalah dibagian dimensi fisik (tangibles) fasilitas yang diberikan diarea parkir serta luas parkir ke bandara dengan nilaitertinggi 25,5 % menjawab setuju responden merasa sudah puas, pada dimensi keandalan (reability) ) pompa angin dapat beroprasi ketika digunakan serta pada penjaga parkir selalu berjaga di tempat parkir dengan nilai tertinggi 43,5% responden merasa puas, untuk dimensi daya tanggap (responsiveness) perosedur layanan yang rumitserta pada kecepatan karyawan dalam menyelesaikan pembuatan parkir dengan nilai tertinggi 31,5% responden merasabiasa saja, pada dimensi jaminan (assurance) atap yang digunakan pada tempat parkir kendaran roda dua dapat melindungi kendaraan dari kondisi cuaca dan pengguna parkir langganan membayar biaya parkir lebih murah dengan nilai tertinggi 20% responden merasa biasa saja, serta pada dimensi perhatian (Emphaty) perhatian pengguna parkir langganan diutamakan saat transaksi pengembalian karcis parkir pada waktu keluar dari tempat parkir serta petugas mengarahkan kendaraan pengguna parkir saat ingin memarkirkan kendaraannya dengan nilai tertinggi 28 % responden menjawab merasa puas. Saran yang dapat peneliti berikan PT. Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta adalah agar dapat selalu mengikuti perkembangan fasilitas-fasilitas yang disediakan pada bandara-bandara lain karena saat konsumen merasa puas akan terjadi pembelian ulang dari konsumen, serta dapat terbentuknya persepsi positif dari konsumen. Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan atau jasa, kepuasan

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 15 Sep 2015 11:35
    Last Modified: 15 Sep 2015 11:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18036

    Actions (login required)

    View Item