KOMEDI DAN KESENJANGAN KEPUASAN (Studi Tentang Kesenjangan Kepuasan pada Pemirsa Tayangan Komedi YUK KEEP SMILE di Trans TV dan PESBUKERS di ANTV Pada Masyarakat Desa Jengglong Kelurahan Bejen Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar)

Murdiyanto, Sigit (2015) KOMEDI DAN KESENJANGAN KEPUASAN (Studi Tentang Kesenjangan Kepuasan pada Pemirsa Tayangan Komedi YUK KEEP SMILE di Trans TV dan PESBUKERS di ANTV Pada Masyarakat Desa Jengglong Kelurahan Bejen Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (710Kb) | Preview

    Abstract

    Program Acara YUK KEEP SMILE di Trans TV dan PESBUKERS di ANTV merupakan sebuah program komedian yang dikemas dengan konsep yang berbeda seperti lazimnya program acara komedi yang lain. Masing-masing menawarkan keunggulan konsep acaranya untuk menarik pemirsa sebanyak-banyaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesenjangan antara kepuasan yang diharapkan (gratification sought/GS) dengan kepuasan nyata yang diperoleh (gratification obtained/GO) oleh responden, yakni masyarakat Desa Jengglong Kelurahan Bejen Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar setelah menonton program acara YUK KEEP SMILE di Trans TV dan PESBUKERS di ANTV. Penelitian ini adalah penelitian studi uji banding kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan dengan alat bantu kuesioner. Sedangkan untuk mengetahui kesenjangan yang ada dihitung dengan menggunakan rumus discrepancy milik Palmgreen. Dari perbandingan angka kesenjangan kepuasan yang dimiliki oleh YUK KEEP SMILE dan PESBUKERS diketahui bahwa tingkat pemenuhan YUK KEEP SMILE lebih unggul pada 7 jenis kebutuhan. Sedangkan pada PESBUKERS hanya 5 jenis kebutuhan. Secara umum tingkat kesenjangan kepuasan dan kemampuan pemenuhan kebutuhan yang dicapai responden setelah menonton program acara YUK KEEP SMILE di Trans TV dan PESBUKERS di ANTV masuk dalam kategori tinggi, yaitu sebesar 50,00% untuk program acara YUK KEEP SMILE di Trans TV dan sebesar 33,33% responden untuk program acara PESBUKERS di ANTV. Sedangkan yang masuk dalam kategori sedang pada program acara PESBUKERS di ANTV sebesar 66,67% dan program acara YUK KEEP SMILE di Trans TV sebesar 50,00%. Dalam kategori rendah kedua program acara tersebut tidak ada. Hasil dari penghitungan discrepancy, data menunjukkan kedua acara mampu memberikan kepuasan pada responden. Tetapi jika dilihat dari jenis kebutuhan yang mampu memberikan kepuasan tertinggi (persentase kesenjangan kepuasan sebesar 0-10%), program acara YUK KEEP SMILE di Trans TV pada motif pengetahuan, identitas pribadi, dan hiburan. Sedangkan program acara PESBUKERS di ANTV pada motif pengetahuan, identitas pribadi, dan hiburan. Semakin kecil angka kesenjangan maka semakin besar kemampuan suatu media dalam memenuhi kebutuhan responden. Kata Kunci : program acara televisi talkshow, kesenjangan kepuasan

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 15 Sep 2015 12:19
    Last Modified: 15 Sep 2015 12:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18033

    Actions (login required)

    View Item