HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ASKEB III SEMESTER III PRODI DIII KEBIDANAN STIKES ICME JOMBANG

NURMAYANTI, IRMA (2015) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ASKEB III SEMESTER III PRODI DIII KEBIDANAN STIKES ICME JOMBANG. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (6Mb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang : STIKES ICME Jombang pada tahun 2012/2013 yang mencapai prestasi baik hanya 67 mahasiswa dari 110 mahasiswa. Sedangkan pada tahun 2013/2014 hanya 81 mahasiswa dari 100 mahasiswa mencapai prestasi yang baik. Desain Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Sampel terdiri atas 40 mahasiswa STIKES ICME Jombang dipilih dengan teknik simple random sampling. Variabel bebas adalah Kemandirian Belajar dan Dukungan Orang Tua, variabel terikat adalah Prestasi yang dikumpulkan dengan dua kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitas, dengan korelasi item-total > 0,361. Data dianalisis menggunakan model analisis regresi logistik ganda. Hasil : Terdapat hubungan yang positif dan secara statistik signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar (b=18,59; CI 95% 2,06 hingga 167,26; p = 0,009). Terdapat hubungan yang negatif secara signifikan dukungan orang tua dengan prestasi belajar (b=0,05; CI 95% 0,01 hingga 0,46; p = 0,008). Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemandirian belajar, dukungan orang tua, dengan prestasi belajar harga Nagelkerke R square = 52,2%. Kesimpulan : 1) Terdapat hubungan yang signifikan kemandirian belajar dengan prestasi, 2) Terdapat hubungan yang signifikan dukungan orang tua dengan prestasi. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Dukungan Orang Tua, Prestasi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 07 Sep 2015 12:51
    Last Modified: 07 Sep 2015 12:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18028

    Actions (login required)

    View Item