PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIK PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PURWANINGSI, AGUSTIN (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIK PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (107Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Agustin Purwaningsih. K3310003. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIK PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014, Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juli 2014. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dan Talking Stick terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Hidrolisis Garam. (2) Pengaruh kemampuan matematik terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Hidrolisis Garam. (3) Interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dan Talking Stick dengan tinggi rendahnya kemampuan matematik siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Hidrolisis Garam. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian desain faktorial 2 x 2. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Sampel yang terpilih terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen 1 (Kelas XI IPA 4) dan kelas eksperimen 2 (Kelas XI IPA 2). Data penelitian berupa data hasil tes kognitif dan data hasil tes afektif. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis digunakan uji ANAVA dua jalan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan Teams Games Tournaments (TGT) pada materi pokok Hidrolisis Garam terhadap prestasi belajar kognitif siswa dan tidak ada pengaruh pada prestasi belajar afektif siswa, dimana prestasi belajar kognitif model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick lebih baik dibandingkan tipe Teams Games Tournament (TGT), yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kognitif berturut-turut 79,167 dan 71,11. (2) Tidak terdapat pengaruh kemampuan matematik tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa pada materi pokok Hidrolisis Garam, yang ditunjukkan dengan hasil uji anava dua jalan dengan sel tak sama dimana p-value > 0,05. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan Teams Games Tournament (TGT) dengan kemampuan matematik tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa pada materi pokok Hidrolisis Garam, yang ditunjukkan dengan hasil uji anava dua jalan dengan sel tak sama dimana p-value > 0,05. Kata Kunci : Talking Stick, Teams Games Tournament, Kemampuan Matematik, Prestasi Belajar, Hidrolisis Garam.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 06 Sep 2015 12:42
    Last Modified: 06 Sep 2015 12:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18021

    Actions (login required)

    View Item