INTELLECTUAL CAPITAL, NILAI PASAR, DAN STOCK RETURN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2009-2013

ANGGANI, YULIA TRI (2015) INTELLECTUAL CAPITAL, NILAI PASAR, DAN STOCK RETURN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2009-2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (486Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap nilai pasar yang dicerminkan melalui Price to Book Value (PBV). Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah komponen intellectual capital yang diukur menggunakan VAICTM, metode yang dikembangkan oleh Pulic terdiri dari Human Capital Efficiency (HCE), Capital Employed Efficiency (CEE), dan Structural Capital Efficiency (SCE). Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Price to Book Value (PBV), sedangkan sebagai analisis tambahan dilakukan perbandingan rata-rata stock return antara sebelum dengan setelah tanggal publikasi laporan keuangan. Sampel penelitian adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode penelitian antara tahun 2009-2013. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria tersebut maka sebanyak 119 perusahaan terpilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji beda menggunakan paired sample t test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa (1) HCE berpengaruh positif terhadap Price to Book Value (PBV), (2) CEE tidak berpengaruh terhadap Price to Book Value (PBV), (3) SCE tidak berpengaruh terhadap Price to Book Value (PBV). Kata kunci: VAICTM, Human Capital Efficiency (HCE), Capital Employed Efficiency (CEE), Structural Capital Efficiency (SCE), Price to Book Value (PBV), Stock Return.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 06 Sep 2015 11:10
    Last Modified: 06 Sep 2015 11:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18012

    Actions (login required)

    View Item