HUBUNGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TEHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studipada Mahasiswa Akademi Keperawatan Bakti Nusantara)

ULFIANA, QONITA (2015) HUBUNGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TEHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studipada Mahasiswa Akademi Keperawatan Bakti Nusantara). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (448Kb) | Preview

    Abstract

    Prestasi belajar merupakan manifestasi kemampuan siswa dalam memahami kebutuhannya tentang pengetahuan. Dosen sebagai pihak yang berhadapan langsung dengan murid, perlu memahami faktor-faktor psikologis yang berperan dan mendukung prestasi belajar siswa. Hal ini penting karena keberhasilan siswa dipengaruhi oleh faktor guru, lingkungan sekolah, dan siswa sekaligus. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah mahasiswa pada Akademi Keperawatan Karya Bakti Nusantara Magelang Tingkat I sebanyak 115 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan dengan simple random sampling dengan sampel 40 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan IPK. Analisis data menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan secara statistik signifikan antara keterampilan komunikasi interpersonal dengan prestasi belajar mahasiswa (OR = 10,03; CI=95%; 1,29 hingga 77,99; p < 0,028). Ada hubungan positif dan secara statistik signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa (OR = 11,87; CI=95%; 1,54 hingga 91,58; p < 0,018). Nilai Negelkerke R2 sebesar 45,7% berarti bahwa variabel keterampilan komunikasi interpersonal dan motivasi belajar mampu menjelaskan prestasi belajar sebesar 45,7% dan sisanya yaitu sebesar 58,1% dijelaskan oleh faktor lain diluar model penelitian. Kata Kunci : keterampilan komunikasi interpersonal, motivasi belajar dan prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 06 Sep 2015 09:34
    Last Modified: 06 Sep 2015 09:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18007

    Actions (login required)

    View Item