PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DALAM MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN 2014

SUNDARI, PUTRI (2015) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DALAM MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (448Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kepercayaan diri terhadap motivasi berprestasi dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2013/2014, 2) pengaruh gaya belajar terhadap motivasi berprestasi dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2013/2014, 3) pengaruh kepercayaan diri dan gaya belajar terhadap motivasi berprestasi dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 146 siswa dan sampelnya berjumlah 107 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan probability sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket. Uji coba instrumen penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi berganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 yang dibuktikan dengan nilai rhitung sebesar 0,670, koefisien determinasi 0,449 yang artinya sebesar 44,9% variabel ini mempengaruhi motivasi berprestasi dan nilai thitung > ttabel yaitu 9,253 > 1,983 pada taraf signifikasi 5%. Model regresi yang menggambarkan hubungan antara kepercayaan diri dan motivasi berprestasi dapat dinyatakan sebagai berikut Y=11,743+0,577X1.(2)gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 yang dibuktikan dengan nilai rhitung sebesar 0,390, koefisien determinasi sebesar 0,152 yang artinya sebesar 15,2% variabel ini mempengaruhi motivasi berprestasi, dan nilai thitung > ttabel yaitu 4,335 > 1,983 pada taraf signifikasi 5%. Model regresi yang menggambarkan hubungan antara gaya belajar dan motivasi berprestasi dapat dinyatakan sebagai berikut Y=21,133+0,582 X2.(3) kepercayaan diri dan gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 yang dibuktikan dengan rhitung sebesar 0,686, koefisien determinasi sebesar 0,471 yang artinya sebesar 47,1% kedua variabel mempengaruhi motivasi berprestasi, dan hasil signifikasi dari uji F sebesar 0,000<taraf signifikasi 5%. Model regresi yang menggambarkan hubungan antara kepercayaan diri, gaya belajar, dan motivasi berprestasi dapat dinyatakan sebagai berikut Y=7,228+0,525 X1+0,240 X2. Kata kunci: Kepercayaan Diri, Gaya Belajar, Motivasi Berprestasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 06 Sep 2015 09:16
    Last Modified: 06 Sep 2015 09:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18004

    Actions (login required)

    View Item