PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AND INTELLECTUALY (SAVI) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALSARI NO. 60 LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

NOVITASARI, DEVI (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AND INTELLECTUALY (SAVI) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALSARI NO. 60 LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (403Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Download (689Kb) | Preview

      Abstract

      Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, and Intellectualy (SAVI) pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari No. 60 Laweyan Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus yang berupa kerjasama atau kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari No. 60 yang berjumlah 35 siswa, yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa keterampilan menulis deskripsi meningkat melalui model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, and Intellectualy (SAVI) pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari No. 60 Surakarta. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata tes keterampilan menulis deskripsi pada setiap siklusnya. Pada pratindakan nilai rata rata tes keterampilan menulis deskripsi mencapai 63,70 dengan ketuntasan klasikal 28,57% atau sebanyak 10 siswa dari 35 siswa tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas mencapai 71,28 dengan ketuntasan klasikal 65,71% atau 23 siswa dari 35 siswa tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,20 dengan ketuntasan klasikal mencapai 88,57% atau 31 dari 35 siswa tuntas. Simpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis deskripsi dapat meningkat melalui model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, and Intellectualy (SAVI) pada siswa kelas IV SD N Tegalsari No. 60 Laweyan Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: menulis, keterampilan, menulis deskripsi, model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, and Intellectualy (SAVI).

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
      Depositing User: Ihwan Ali
      Date Deposited: 06 Sep 2015 09:02
      Last Modified: 06 Sep 2015 09:02
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18002

      Actions (login required)

      View Item