HUBUNGAN PEMAHAMAN KEBERAGAMAN SUKU, AGAMA, BUDAYA DAN GENDER DENGAN SIKAP PEDULI SOSIAL (STUDI DI SMP NEGERI 3 COLOMADU)

Lusiyawati, (2015) HUBUNGAN PEMAHAMAN KEBERAGAMAN SUKU, AGAMA, BUDAYA DAN GENDER DENGAN SIKAP PEDULI SOSIAL (STUDI DI SMP NEGERI 3 COLOMADU). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (618Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemahaman keberagaman suku, agama, budaya dan gender dengan sikap peduli sosial di SMP Negeri 3 Colomadu, Karanganyar. Metode deskriptif kuantitatif yang bersifat korelasional digunakan dalam penelitian ini. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi di SMP Negeri 3 Colomadu dengan jumlah murid keseluruhan 256 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan Sampling Kuota. Sampling dan diperoleh sampel sejumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Uji persyaratan analisis dalam penelitian ini menggunakan uji linieritas, dan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pemahaman keberagaman suku, agama, budaya dan gender dengan sikap peduli sosial di SMP 3 Colomadu yang dibuktikan dengan hasil analisis data yaitu diperoleh nilai rxy = 0,512. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan nilai rtabel dengan N= 30 dan taraf signifikan 0,05 maka diperoleh rtabel = 0,113. Karena rhitung > rtabel yaitu 0,512 > 0,361 dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa ada hubungan pemahaman keberagaman suku, agama, budaya dan gender dengan sikap peduli sosial. Hasil uji keberartian koefisien korelasi yang didasarkan pada perhitungan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 3,43. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan nilai ttabel dengan taraf signifikasi 5% sebesar 1,693. Karena t hitung > t tabel yaitu 3,43 > 1,693, maka koefisien korelasinya signifikan atau dengan kata lain H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulan bahwa pemahaman keberagaman suku, agama, budaya dan gender memiliki hubungan dengan sikap peduli sosial. Kata Kunci : Pemahaman, Keberagaman suku, agama, budaya dan gender, Sikap peduli sosial

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 06 Sep 2015 01:36
    Last Modified: 06 Sep 2015 01:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17995

    Actions (login required)

    View Item